Senin, 31/08/20
 
Golongan Darah O Rentan Terinfeksi Corona Covid-19, Cek Faktanya

Martalena | LifeStyle
Kamis, 05/03/2020 - 20:46:44 WIB
TERKAIT:
   
 
Riaueksis.com– Orang dengan golongan darah O disebut rentan terinfeksi Corona Covid-19. Artikel yang beredar menyebutkan sejumlah alasan golongan darah O lebih rentan terinfeksi dibandingkan golongan lainnya.

Alasan tersebut di antaranya golongan darah O sangat rentan terkena virus dan bakteri. Hal ini karena golongan darah O memiliki insiden ulkus duodenum atau luka terbuka yang timbul di dinding usus 12 jari sebanyak 35 persen lebih tinggi daripada lainnya. 

Mengutip dari Cekfakta.com, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, menyebut klaim golongan darah O lebih rentan terinfeksi virus Covid-19 merupakan hoaks. “Itu hoaks,” katanya.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif, menjelaskan tiga kelompok yang rentan tertular Covid-19. Pertama, kelompok orang yang kontak dekat. Misalnya orang yang tinggal serumah.

“Closed contact itu orang yang tinggal pasangan, pasangan dari kasus (Covid-19) yang konfirmasi. Atau orang yang tinggal satu rumah dengan yang suspect,” kata Syahrizal.

Lalu, tenaga medis juga masuk kategori kontak dekat. Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan pasien. Kedua, kelompok orang yang masuk kontak sosial. Maksudnya yang berada dalam satu kelompok sosial.

“Orang-orang yang berada pada satu klub dansa tersebut harusnya diperiksa dan dipantau juga. Perlu ditelusuri, apakah orang-orang di klub dansa mengalami gejala Covid-19 yang mirip flu, demam, dan sesak napas,” kata Syahrizal.

Ketiga, kontak area, maksudnya yang berada dalam satu wilayah yang terkonfirmasi Covid-19. Pada contoh WNI positif Covid-19 di Depok, sempat ada tetangga yang menjenguknya saat sakit.

Ketiga kelompok ini sama sekali tak ada kaitannya dengan golongan darah O. Sehingga dapat disebut orang dengan golongan darah O rentan terinfeksi Covid-19 tak benar. Informasi tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content atau konten palsu.






Berita Lainnya :
 
  • WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved