Senin, 25/11/2019
 
Golongan Darah O Rentan Terinfeksi Corona Covid-19, Cek Faktanya

Martalena | LifeStyle
Kamis, 05/03/2020 - 20:46:44 WIB
Riaueksis.com– Orang dengan golongan darah O disebut rentan terinfeksi Corona Covid-19. Artikel yang beredar menyebutkan sejumlah alasan golongan darah O lebih rentan terinfeksi dibandingkan golongan lainnya.

Alasan tersebut di antaranya golongan darah O sangat rentan terkena virus dan bakteri. Hal ini karena golongan darah O memiliki insiden ulkus duodenum atau luka terbuka yang timbul di dinding usus 12 jari sebanyak 35 persen lebih tinggi daripada lainnya. 

Mengutip dari Cekfakta.com, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, menyebut klaim golongan darah O lebih rentan terinfeksi virus Covid-19 merupakan hoaks. “Itu hoaks,” katanya.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif, menjelaskan tiga kelompok yang rentan tertular Covid-19. Pertama, kelompok orang yang kontak dekat. Misalnya orang yang tinggal serumah.

“Closed contact itu orang yang tinggal pasangan, pasangan dari kasus (Covid-19) yang konfirmasi. Atau orang yang tinggal satu rumah dengan yang suspect,” kata Syahrizal.

Lalu, tenaga medis juga masuk kategori kontak dekat. Sebab, mereka bersentuhan langsung dengan pasien. Kedua, kelompok orang yang masuk kontak sosial. Maksudnya yang berada dalam satu kelompok sosial.

“Orang-orang yang berada pada satu klub dansa tersebut harusnya diperiksa dan dipantau juga. Perlu ditelusuri, apakah orang-orang di klub dansa mengalami gejala Covid-19 yang mirip flu, demam, dan sesak napas,” kata Syahrizal.

Ketiga, kontak area, maksudnya yang berada dalam satu wilayah yang terkonfirmasi Covid-19. Pada contoh WNI positif Covid-19 di Depok, sempat ada tetangga yang menjenguknya saat sakit.

Ketiga kelompok ini sama sekali tak ada kaitannya dengan golongan darah O. Sehingga dapat disebut orang dengan golongan darah O rentan terinfeksi Covid-19 tak benar. Informasi tersebut masuk dalam kategori Fabricated Content atau konten palsu.



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Bersama Tim Lakukan Penyemprotan di Rumah Ibadah, Kantor Desa dan Tempat Keramaian
  • Babinsa Bersama Tim Lakukan Pengecekan dan Pencegahan VIRUS COVID 19 Ke Penumpang Kapal
  • Kemenkum HAM Sudah Bebaskan 13.430 Napi Untuk cegah corona
  • Kapolres Rohul Bersama Forkopimda Rohul Cek Gudang Beras,Pastikan Stock Aman 6 Bulan Kedepan
  • Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang dan 10 Karung Beras
  • PBNU Sarankan Shalat Tarawih-Shalat Id di Rumah
  • Jokowi Usulkan Jadwal Mudik Setelah Lebaran
  • Kepala Desa Cipang Kanan Abadi Adakan Penyemprotan Desinfektan Diwilayah Desanya
  • Jaga Stock Darah Tetap Ada, Koramil Wilayah Kab. Siak Laksanakan Donor Darah
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved