Senin, 31/08/20
 
Ini Penyebab Harimau Mengganas di Indragiri Hilir

| Inhil Kab
Kamis, 10/02/2022 - 12:47:17 WIB
Konflik harimau dan manusia di Indragiri Hilir karena rusaknya hutan di sana (internet)
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru, Riaueksis.com – Baru-baru seorang pekerja HTI tewas diterkam harimau di Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Indragiri Hilir. Peristiwa itu terjadi di wilayah yang dikenal dengan nama Blok atau Lansekap Kerumutan.

Menurut aktifis lingkungan Jikalahari, sepanjang tahun 2018 hingga sekarang sudah tujuh orang meninggal karena diterkam harimau di wilayah Lansekap Kerumutan itu.

Lansekap Kerumutan merupakan salah satu hutan alam tersisa di Riau yang menjadi yang menjadi rumah bagi jutaan sepesies flora dan fauna. Terdiri atas Suaka Margasatwa Kerumutan yang berada di Kabupaten Pelalawan, Indaragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Luasnya sekira 120 ribu hektare dan menjadi habitat flora dan fauna seperti harimau loreng sumatera, macan dahan, owa, rangkong dan monyet ekor panjang.

Wakil Koordinator Jikalahari,  Okto Yugo Setiyo mengatakan terjadinya konflik harimau dengan manusia di Kerumutan tidak lain, karena hutan di kawasan itu sudah habis digarap HTI. Di dalam Lansekap Kerumutan ada 13 korporasi HTI dan HPH. Selain korporasi HTI dan HPH, juga terdapat 7 korporasi perkebunan kelapa sawit.

"Dominasi korporasi HTI dan perkebunan sawit mengakibatkan deforestasi di Lansekap Kerumutan dan menghancurkan habitat Harimau Sumatera dan keselamatan warga setempat dan buruh yang menjadi korban," ujar Okto.

Untuk menghentikan konflik harimau dan manusia disana, Jikalahari mendesak pemerintah pusat untuk mencabut izin perusahaan tempat peristiwa terjadinya serangan Harimau Sumatera itu.

"Pemerintah harus segera mencabut izin perusahaan tempat peristiwa konflik manusia dengan harimau dan mengevaluasi seluruh korporasi HTI dan perkebunan sawit dan merevitalisasi Lansekap Kerumutan. Ini jalan menghentikan korban jiwa akibat konflik manusia - satwa terus bertambah," kata Okto Yugo Setiyo lagi.

Seperti diketahui, Tugiat, warga Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), tewas diterkam harimau pada 6 Februari lalu. Peristiwa itu terjadi di Desa Simpang Gaung, Kecamatan Gaung, Inhil.  (ben)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Muflihun: Akan Sanksi Tegas Hollywings, Izin Usaha Akan Dicabut
  • Beli Pertalite dan Solar Subsidi Wajib Daftar di MyPertamina Uji Coba di 5 Provinsi
  • Ada 1.130 Kaum Disabilitas di Pekanbaru Butuh Perhatian Saat Pandemi
  • Perkara Korupsi Bansos Anak Disabilitas & Fakir Miskin, Jaksa Riau Periksa 1 Camat dan 4 Kadus
  • Rendang Babi Bikin Ribut?
  • Dibuka Bupati Kasmarni, 202 Calon Penyuluh Agama Ikuti Tes Kompetensi
  • DPRD Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi Pekabaru yang Ke-238
  • Hadiri Wisuda Ponpes Daarun Nahdhah Thawalib Kampar, Bupati Siak Alfedri Sebut Banyak Santri Jadi Tokoh Penting Bangsa.
  • Bangkitkan Ekonomi, Rute Bengkalis - Muar Akan Beroperasi Kembali
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved