Senin, 31/08/20
 
Sebanyak 524 Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Kampar Ikuti Manasik Haji di Markaz Islami

an | Religi
Selasa, 02/08/2016 - 20:33:39 WIB
JCH asal Kabupaten Kampar saat melakukan manasik haji di Markaz Islami, Bangkinang, Kabupaten Kampar
TERKAIT:
   
 
Bangkinang (RiauEksis.Com) - Sebanyak 524 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kampar mengikuti manasik haji tingkat Kabupaten Kampar di halaman Masjid Jami' Al-Ihsan Markaz Islami, Bangkinang, Selasa (2/8/16).

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kampar Drs H Fairus MA, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah MSY, kemarin,manasik haji pada hari pertama dilaksanakan paket umrah.

Pada hari pertama ini, seluruh JCH miqatnya di Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang ini (diibaratkan migat Bir Ali) sebagai miqat makaninya. Kemudian diajarkan cara memakai pakaian ihram, shalat sunat ihram dan niat untuk umrah.

Setelah diadakan evaluasi, JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, shalat, makan (isoma). Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus informasi-informasi terbaru oleh Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau, Drs H M Aziz MA MM.

Untuk manasik haji pada hari kedua (pada hari ini), dilaksanakan paket haji. Nantinya seluruh JCH berkumpul di Gedung Mahligai Bungsu sebagai Miqat Zamani, pada tanggal 08 Zulhijjah hari Tarwiyah dalam persiapan menuju lapangan arafah dengan pakaian ihram dan membaca talbiyah yang dipandu oleh ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom) untuk melaksanakan wukuf dengan kegiatan-kegitan yang telah ditentukan.

Setelah selesai melaksanakan seluruh rentetan kegiatan manasik, seluruh JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, isoma dan diadakan evaluasi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar Dr H Mawardi Muhammad Sholeh Lc MA. Dan kemudian dilanjutkan dengan penutupan manasik haji serta melepas JCH Kampar secara resmi oleh Bupati Kampar.

“Kita berharap, mudah-mudahan pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif, sesuai apa yang diharapkan bersama,’’ harapnya. (re)





Berita Lainnya :
 
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  • Ini Sosok Risnandar Mahiwa Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru
  • Dialog Penguatan Internal Polri: Harmonisasi Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Satu-Satunya di Provinsi Riau, Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN
  • PT BRM Bersama Mahasiswa Bersihkan Mesjid AL Ikhlas di Batusangkar yang Rusak Diterjang Banjir Lahar & Galodo
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved