Senin, 31/08/20
 
Kos-kosan di Sekitar UGM Yang Harga Bervariasi

Putra | LifeStyle
Senin, 09/07/2018 - 13:55:17 WIB
Kos-kosan 
TERKAIT:
   
 
RiauEksis.com, Sleman - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) banyak berdiri sekolah dan perguruan tinggi negeri maupun swasta yang menjadi tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Dan menjelang tahun ajaran baru, calon siswa atau mahasiswa pastinya disibukkan dengan mencari tempat kos atau kontrakan.

Salah satu lokasi yang menjamur bisnis kos-kosan di wilayah Karangmalang, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Di wilayah tersebut berdiri kampus negeri ternama, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Hal itu yang mendasari banyaknya tempat kos di sekitar wilayah itu.

Biaya kos yang ditawarkan bervariatif, ada yang bisa disewa harian, bulanan hingga per tahun. Fasilitasnya pun menyesuaikan dengan harga sewa. 

Untuk kos paket hemat, per bulan sekitar Rp 459 ribu. Fasilitasnya kamar ukuran 2,5x3 meter, dan sudah termasuk biaya listrik dan air. 

"Tapi kalau di tempat saya minimal satu tahun sewa, Rp 5,5 juta per tahun," kata Bu Jayadi, seorang pemilik kos yang berada tepat di belakang kampus UNY, seperti dikutip Detik.com Senin (9/7/2018).

Menurutnya, rata-rata kos di wilayah Karangmalang biaya sewanya standar seperti yang dia pasang. Kos-kosan itu ada yang jadi satu dengan induk semang, ada yang berdiri terpisah dengan rumah pemilik kos. 

"Ini jadi satu dengan rumah saya, jadi keamanan cukup terjamin. Jam tamu berkunjung juga dibatasi, termasuk tamu lawan jenis ada aturan dilarang masuk kamar," jelasnya. 

Sementara bagi yang ingin kos di kos-kosan eksklusif, di wilayah Karangmalang ada yang menawarkan dengan biaya sewa Rp 2,8 juta per bulan. Fasilitas yang ditawarkan bak menginap di hotel. Ada fasilitas parkir mobil dan motor di dalam, wifi, tv kabel, full perabotan di dalam kamar, kamar mandi di setiap kamar, laundry, mandi air panas, dan pengamanan sekuriti serta kamera CCTV 24 jam. 

"Kalau harian Senin-Kamis Rp 200 ribu, Jumat-Minggu Rp 225 ribu," kata Didik, seorang pengelola kos eksklusif yang terletak di antara kampus UNY dengan UGM itu. ****(ptr)





Berita Lainnya :
 
  • WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved