Senin, 31/08/20
 
Konsumsilah Makanan Ini Tatkala Suasana Hati Anda Sangat Kacau

M Amin | LifeStyle
Minggu, 11/02/2018 - 14:17:13 WIB
Kerang saus tiram
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Semua orang pernah mengalami hari buruk yang membuat suasana hati menjadi sangat kacau. Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasi kondisi tidak mood demikian. Caranya adalah mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini.

1. Cokelat

Makan cokelat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik karena saat menyantapnya tubuh akan melepaskan banyak hormon endorfin dan serotonin. Sebagai kudapan antistres, disarankan makan cokelat hitam sekitar 40 gram sehari agar tidak berlebihan.

2. Pisang

Pisang adalah camilan sempurna untuk mengembalikan mood karena kaya asam amino triptofan, selain vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, fosfor, zat besi, dan karbohidrat. Triptofan peningkat kadar serotonin juga ampuh mengatasi insomnia, depresi, dan kecemasan.

3. Oat

Oat efektif menjadi mood booster karena mengandung banyak mineral yang memulihkan suasana hati. Oat juga memiliki indeks glisemik rendah yang perlahan melepaskan energi ke dalam aliran darah, membuat gula darah dan suasana hati menjadi stabil.

4. Sereal

Sereal adalah sumber kalsium yang membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang sedang dirasakan. Tidak banyak yang dibutuhkan, cukup mengonsumsi secangkir sereal yang difortifikasi akan menyediakan hingga sepertiga kebutuhan kalsium harian.

5. Bayam

Konsumsi bayam dan sejumlah sayuran hijau akan menjaga suasana hati karena asupan vitamin B dalam tubuh tetap terjaga. Kekurangan vitamin B seperti folat, vitamin B3, B6, dan B12 telah dikaitkan dengan depresi akibat produksi serotonin yang terhambat.

6. Ikan

Studi membuktikan bahwa orang yang kekurangan asam lemak omega-3 lebih rentan mengalami depresi dan suasana hati buruk. Konsumsi ikan seperti salmon, makerel, dan sarden secara rutin bisa membantu mengatasinya karena menyehatkan otak dan menjaga sel-selnya.

7. Tiram

Tiram memiliki banyak manfaat jika dikaitkan dengan kesehatan mental. Selain kaya kandungan seng yang penting untuk kesehatan otak, tiram juga sumber protein bernama asam amino tirosina yang dibutuhkan otak. (min/rec)




sumber: harpers bazaar/republika.co.id







Berita Lainnya :
 
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  • Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved