Senin, 31/08/20
 
Untuk Mengenali Orang Stres Dapat Diketahui Dari Ucapan Kata-kata Ini Ketika Berbicara di Depan Umum dan Sikapnya Pun..

M Amin | LifeStyle
Rabu, 15/11/2017 - 18:06:46 WIB
ilustrasi
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru (RauEksis.Com) - Sebuah studi di Universitas Arizona, Amerika Serikat, menyebutkan orang yang terkena stres cenderung sering menggunakan kata-kata adverbia seperti 'begitu', 'sangat', dan 'benar-benar' ketika sedang berbicara di depan umum.

Peneliti juga mengidentifikasi bahwa orang yang sedang stres akan lebih banyak berdiam ketika berbicara, dibandingkan dengan mereka yang tidak merasa mendapat tekanan. Untuk penelitian tersebut, mereka menganalisis pola bicara 143 sukarelawan yang setuju untuk memakai perekam audio selama dua hari.

Alat rekam ini diaktifkan dan merekam apa yang dikatakan relawan pada jarak waktu acak. Para peneliti kemudian mentranskripsikan rekaman dan menganalisis pola kata yang digunakan dalam kaitannya dengan perubahan ekspresi gen yang berkaitan dengan stres.

Istilah 'ekspresi gen' ini mengacu pada proses dimana informasi yang terkandung dalam gen digunakan dan diekspresikan agar bermanfaat bagi tubuh. Ekspresi gen berubah ketika merespons stres.

Studi ini juga mengidentifikasi bahwa orang cenderung kurang menggunakan kata ganti jamak orang ketiga seperti 'mereka' ketika mereka merasa stres. Peneliti berpendapat bahwa hal tersebut dikarenakan relawan tersebut tidak terlalu memikirkan orang lain ketika mereka berada dibawah tekanan secara pribadi.

Mereka menambahkan perubahan ekspresi bahasa dan gen secara signifikan memberikan indikator yang akurat, dimana ketika seseorang merasa stres peneliti hanya meminta mereka untuk melaporkan emosi stres, depresi dan kegelisahan diri sendiri.

"Bahasa mencerminkan bagaimana orang terhubung dengan dunia mereka, tapi siapa yang mengira bahwa ekspresi gen akan terkait dengan bahasa?" kata psikolog di Universitas Texas, Austin, James Pennevaker seperti dilansir pada laman Huffingpost. "Ini cara berpikir baru yang menarik." (min/rec/rci)






Berita Lainnya :
 
  • Bupati Buka MTQ Perdana, Mari Kita Mengaji, Mengkaji Sebagai Tanda Memuliakan Al-Quran
  • 27 Politeknik di Indonesia Datang ke Bengkalis, Bupati Kasmarni Berharap Sinergisitas Dapat Ditingkatkan
  • Perjuangan Kabupaten Bengkalis dalam Mempertahankan Jengkal Demi Jengkal Teritorial NKRI
  • Operator Telekomunikasi Indonesia Hadirkan Tiga Layanan API GSMA Open Gateway Initiative
  • Whistle Blowing System, Komitmen Anti Penyuapan di Blok Rokan
  • 74 Tahun Sebagai Mushalla, Bupati Bengkalis Resmikan Masjid Darul Wustho
  • Tingkatkan Pelayanan Kinerja Puskesmas,Bupati Kasmarni Buka Bimtek BLUD dan BOK
  • BBKSDA Riau. Jelaskan Kasus Harimau Serang Bocah di Siak,
  • Begini Cara SSDM Polri Pulihkan Psikologi Anggota Operasi Damai Cartenz
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved