Senin, 31/08/20
 
Apakah Anak Anda Masuk Kategori Berbakat Super? Jawabnya, Lihatlah Beberapa Sifat Ini

M Amin | LifeStyle
Sabtu, 21/10/2017 - 16:37:07 WIB
ilustrasi
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Setiap anak pasti memiliki bakat istimewa. Namun, beberapa anak dapat menunjukkan kemampuan lebih tinggi dari mayoritas anak lain di bidang tertentu.

Anak-anak dengan bakat super ini terkadang memerlukan sedikit perlakukan berbeda dari anak-anak pada umumnya. Apakah anak Anda masuk dalam kategori tersebut? Kenali lima sifat berikut seperti dilansir dari Womanitely, Jumat (20/10):

1. Sifat intelektual
Ciri intelektual anak-anak berbakat tinggi mencakup penguasaan kosa kata banyak, terampil memecahkan masalah, rasa ingin tahu kuat, pelajar mandiri, minatnya beragam, kemampuan membaca dini, pengamatannya tajam, ingatannya sangat baik, kritis.

2. Sifat kreatif
Anak dengan bakat tinggi menunjukkan kreativitas dengan karakteristik kuat. Mereka berani mengambil risiko, sangat kreatif, fleksibel, mampu menciptakan gagasan baru, menghasilkan berbagai cara memecahkan masalah, banyak bertanya dan pertanyaannya mencengangkan untuk anak seusianya. Selera humornya kadang sangat biasa untuk orang lain namun luar biasa baginya. Mereka juga bisanya penuh konsentrasi, tekun, dan banyak lagi ciri lainnya.

3. Sifat artistik
Secara artistik, anak-anak berbakat tinggi sulit dikenali. Namun, mereka menunjukkan karakteristik tertentu secara artistik. Mereka memiliki imajinasi tanpa henti yang dibangun berdasarkan gagasan. Mereka mudah merasakan ruang, warna, dan nilai artistik lainnya. Sebelum usia dua tahun, anak memiliki kesukaan, seperti suka melukis dengan cat air, suka mengukir, dengan tingkat konsentrasi tinggi dan lama.

4. Sifat kepemimpinan
Anak-anak gifted menunjukkan bakat kepemimpinan luar biasa. Mereka secara otomatis menjadi pemimpin, berani bertanggung jawab, disukai teman, sangat terorganisir, percaya diri, memiliki harapan tinggi, pemikir, rasa keadilan yang tajam, dan banyak lagi ciri lainnya.

5. Sifat akademis
Anak-anak berbakat tinggi biasanya sangat unggul di bidang akademik tertentu. Misalnya sains, atau spesifik di ilmu tertentu. Memorinya bagus, keterampilannya berkembang dan menonjol sejak awal, fokus dan minat baca pada bidang tertentu, mengetahui bidang spesifik itu, dan mungkin menunjukkan antusiasme dan keahlian di bidang tertentu.

Bagaimana cara mengenali anak dengan bakat tinggi?
Anak-anak sangat berbakat ini perlu diidentifikasi melalui beberapa evaluasi. Evaluasi ini dilakukan secara kuantitatif atau obyektif, dan kualitatif atau subyektif. Jika Anda yakin anak Anda adalah anak gifted, tanyakan pada gurunya di sekolah dan evaluasi bersama.

Jika Anda merasa anak Anda membutuhkan tantangan dan pengalaman lebih dalam pembelajaran, identifikasi kebenarannya di sekolah. Mereka mungkin perlu menerima penanganan di atas standar atau sesuai kebutuhan mereka. (min/re)






Berita Lainnya :
 
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  • Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved