Senin, 25/11/2019
 
Jangan Biarkan Anak Anda Suka Marah-marah, Jika Dibiarkan Berkepanjangan, Bisa-bisa...

ad | LifeStyle
Minggu, 16/04/2017 - 23:02:28 WIB
Jakarta (RiauEksis.COm) - Marah pada dasarnya sifat dan sikap wajar yang bisa dialami siapapun, baik anak-anak maupun dewasa. Meski demikian, sifat dan sikap ini sebaiknya diredam terutama bagi anak-anak. Karena jika berkepanjangan bisa berakibat buruk pada perkembangan emosinya di masa depan.

Periset di Pusat Studi Pendidikan dan Kreativitas Anak Risdianto Hermawan mengungkapkan sejumlah tips yang bisa dilakukan orang tua agar anak tak gampang marah-marah.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat anak acap marah, Risdianto menyebutkan, orang tua harus memerhatikan masalah makanan dan kesehatan anak. Orang tua perlu memastikan apakah kemarahan yang timbul akibat kondisi lapar atau masalah kesehatan tubuh.

"Kedua, anak marah ditimbulkan oleh suatu sebab. Untuk masalah ini, mungkin anak sedang mempunyai permasalahan di sekolah atau lingkungan mainnya. Oleh karena itu itu, orang tua harus mencari tahu penyebabnya sehingga akan mudah mencari solusinya," ujar mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini di IAIN Purwokerto ini, seperti dikutip laman Sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, baru-baru ini.
 
Orang tua juga perlu mendengarkan semua keluhan anak mengingat karakter mereka yang selalu ingin diperhatikan. Saat mendengar keluhan mereka, orang tua harus melakukannya dengan pendekatan kasih sayang. Tak lupa juga untuk memberikan nasihat pada anak di waktu yang sangat tepat.

Selanjutnya, cobalah untuk peka pada anak karena mereka berada pada masa pertumbuhan yang  biasanya memiliki keingintahuan dan kemauan yang sangat tinggi.

"Di samping itu, kemampuannya seringkali tidak sekuat keinginannya sehingga akan menimbulkan kecewa dan marah pada diri anak. Dari sini penting bagi orang tua untuk memahami perasaan anak," kata dia.

Terakhir, orang tua patut mengenali kebiasaan dan kesukaan anak. Upaya ini juga mampu membantu orang tua untuk lebih lebih mudah menggali potensi yang dimiliki anak. Dengan demikian, dia melanjutkan, anak akan menyenangi kegiatanya kelak. (re)


sumber: republika.co.id


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Rohul Bersama Forkopimda Rohul Cek Gudang Beras,Pastikan Stock Aman 6 Bulan Kedepan
  • Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang dan 10 Karung Beras
  • PBNU Sarankan Shalat Tarawih-Shalat Id di Rumah
  • Jokowi Usulkan Jadwal Mudik Setelah Lebaran
  • Kepala Desa Cipang Kanan Abadi Adakan Penyemprotan Desinfektan Diwilayah Desanya
  • Jaga Stock Darah Tetap Ada, Koramil Wilayah Kab. Siak Laksanakan Donor Darah
  • Atasi Kekurangan Ketersedian Darah, Jajaran Koramil 12/Pwk Sabak Auh Laksanakan Donor Darah 
  • Antisipasi Wabah Covid 19, Babinsa Bersama Penghulu Kampung Pencing Bekulo Buat Ruang Sterilisasi
  • Di Riau positif covid 19 meningkat dari 3 menjadi 7 orang.
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved