Senin, 31/08/20
 
26.192 Jemaah Haji Indonesia Menjalani Rawat Inap di Arab Saudi

Derry | LifeStyle
Senin, 05/06/2023 - 22:10:56 WIB
Foto: istimewa
TERKAIT:
   
 
JAKARTA,Riaueksis.com-Kementerian Kesehatan RI melaporkan sebanyak 26.192 peserta calon haji asal Indonesia menjalani perawatan di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan Arab Saudi akibat sejumlah gangguan kesehatan.

"Mereka umumnya harus rawat jalan. Penyakit yang paling banyak dikeluhkan adalah kelelahan, penyakit jantung hipertensi, gangguan saluran pernapasan, dispepsia, dan diabetes melitus," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Liliek Marhaendro Susilo dalam konferensi pers dalam jaringan di Jakarta, Senin.

Menurut Liliek, lima penyakit tersebut adalah yang paling banyak dikeluhkan dan dikonsultasikan pasien rawat jalan kepada petugas kesehatan yang mendampingi calon haji.

Peserta calon haji yang menjalani rawat jalan di Madinah sebanyak 24.467 orang, di Makkah sebanyak 1.223 orang, dan di bandara 502 orang. Sementara yang dirujuk ke rumah sakit mencapai 165 peserta calon haji, terdiri atas 172 orang di Madinah, Makkah 13 orang, dan di bandara 11 orang.

Liliek mengatakan jumlah peserta calon haji yang berkategori risiko tinggi sebanyak 75,37 persen, dengan usia di atas 60 tahun dengan riwayat komorbid.

Kemenkes melaporkan jumlah pasien rawat inap di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah berjumlah 197 orang dan KKHI di Makkah sebanyak 30 orang.

Mayoritas pasien yang menjalani rawat inap di KKHI mengeluhkan demensia, gagal jantung, diabetes melitus, PPOK, dan pneumonia. 71 peserta haji lainnya dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi dengan keluhan PPOK, infark miokard akut, stroke, fraktur ekstremitas, dan gagal jantung.

Total persediaan obat yang dikirim Kemenkes ke Arab Saudi total 107,8 ton dan telah didistribusikan ke daerah KKHI Madinah dan Makkah pada 21 Mei 2023.

"Obat dan peralatan kesehatan saat ini masih memadai untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan selama musim haji di kloter, sektor, dan KKHI," katanya.

Sampai dengan Ahad (4/6) sebanyak 71.539 peserta calon haji telah tiba di Tanah Suci, terbagi atas 190 kloter.**

Sumber: antara






Berita Lainnya :
 
  • Sambangi warga Rumbai pesisir, Personil Direktorat Binmas Polda Riau Sosialisasi Bahaya Narkoba ke kawula muda
  • 10 Ribu Pelari dari Berbagai Daerah Meriahkan Riau Bhayangkara Run 2024
  • Semarak HPN 2024, Sepuluh Grup Randai Hibur Masyarakat Kuansing
  • Tim Putra Polres Siak Juara di Final Turnamen Voli Kapolda Riau Cup 2024
  • Kejutan-kejutan SF Hariyanto Jelang Pilgub
  • SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional
  • Dirlantas Polda Riau Selaku Ketua Pelaksana Event RBR Gelar Talk Show Bersama Kemenparekraf
  • Lantik PWI Inhu, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Laksanakan Tugas Sesuai Aturan
  • SKK Migas Perkuat Kolaborasi dengan Pemprov Riau Untuk Tingkatkan Produksi
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved