Senin, 31/08/20
 
Tahukah Anda, Daun Kelor Bisa Diolah Jadi Makanan Enak?

Derry | LifeStyle
Minggu, 16/01/2022 - 18:23:55 WIB
Daun kelor sebagai tanaman herbal, jika diolah oleh tangan kreatif bisa menjadi makanan enak yang bergizi dan punya nilai untuk kesehatan. (foto shutterstock)
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, Riaueksis.com – Semua orang tahu daun kelor punya segudang manfaat untuk kesehatan. Tapi tidak banyak yang tahu, tanaman herbal ini bisa diolah jadi pelengkap menu makanan di rumah.

Sebagai tanaman herbal, daun kelor tidak perlu diragukan lagi. Tanaman ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah hingga mencegah kanker.

Beberapa penelitian menyebutkan, daun kelor mengandung protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, kalsium, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Daun kelor juga mengandung banyak antioksidan, seperti polifenol.

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan

Dikutip dari alodokter berikut ini adalah beragam manfaat daun kelor yang dapat Anda peroleh:

1. Menurunkan kadar gula darah
Sebuah penelitian menemukan bahwa daun kelor terlihat dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin. Manfaat ini baik untuk mencegah diabetes dan terjadinya resistensi insulin.

2. Mengatasi peradangan
Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Namun, Anda bisa mengonsumsi daun kelor untuk meredakan peradangan yang dialami. Ekstrak daun kelor dipercaya mengandung zat yang dapat mengurangi peradangan.

3. Mengontrol tekanan darah
Daun kelor banyak mengandung kalium dan antioksidan. Berkat kandungan tersebut, tanaman ini diketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga dapat mencegah hipertensi.

4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak
Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Beberapa riset menunjukkan bahwa asupan antioksidan yang tercukupi dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker
Ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor terbukti efektif menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, pankreas, dan usus besar. Manfaat daun kelor tersebut diduga berkat kandungan antioksidannya yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
Berdasarkan penelitian di laboratorium, ekstrak daun kelor diketahui dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kuman, seperti Salmonella typhi penyebab tifus, Escherichia coli penyebab diare, dan Staphylococcus aureus penyebab infeksi kulit.

Daun kelor juga diketahui dapat melawan virus, terutama jenis virus herpes simplex (HSV).

Cara mengolah daun kelor untuk makanan

Di beberapa daerah daun kelor sudah ada mengkonsumsinya menjadi sayur. Berikut tip pengolahaan daon kelor jadi makanan enak seperti dilansir masakapahariini.com.

1. Sayur bening
Resep makanan rumahan enak paling praktis yang bisa kamu coba adalah sayur bening daun kelor. Cara membuatnya persis seperti sayur bayam. Agar daun kelor tidak pahit, anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebentar saja lalu peras sedikit. Baru kemudian olah dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai merah keriting. Tambahkan juga jagung manis untuk memperkaya rasa dan warnanya.

2. Telur dadar daun kelor
Pernah membuat omelet bayam? Resep tersebut bisa kamu modifikasi dengan daun kelor, lho. Cukup substitusi dengan jumlah yang kurang lebih sama. Rasa telur yang gurih dapat menutupi sedikit rasa getir alami ada pada daun kelor. Dengan demikian, manfaat daun kelor bisa kamu dapatkan dengan rasa yang lezat!

3. Tumisan daun kelor
Menu yang tak kalah praktis adalah tumis sayur atau capcay. Ini bisa anda lakukan dengan daun kelor layaknya menumis kangkung. Tambahkan ebi dan saus tiram agar rasanya semakin gurih. Menambahkan ragam topping juga jadi ide menarik, misalnya taburan udang. Rasanya juga tidak kalah lezat jika dipadukan dengan ikan atau ayam goreng.
Selamat mencoba (nisa)






Berita Lainnya :
 
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  • Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved