Senin, 31/08/20
 
Peluang Bisnis Fotografi di Masa Pandemi

Derry | LifeStyle
Selasa, 19/10/2021 - 08:14:09 WIB
Foto: Elwan saat menerima hadiah dan penghargaan bln September lalu
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, Riaueksis.com-Pandemi yang tak kunjung usai tidak menyurutkan semangat seorang Agustinus Elwan untuk merintis usaha jasa fotografi. Ia membuka sebuah studio foto yang diberi nama elonephotography di Jl. Inpres, Kota Pekanbaru

Eleno photography diresmikan 12 September 2021 lalu, dan menjadi investasi masa depan untuk Elwan. Hal ini juga sekaligus menjadi ajang pembuktiaan diri atas pengalaman dan pencapaian di bidang fotografi yang ia tekuni selama ini.

“Sambil menunggu waktu yang pas, saat itu kita tetap mengasah keterampilan fotografi, meski hanya di rumah saja. Dan juga mencari peluang-peluang lain semacam mengikuti kompetisi fotografi di instagram,” ujar Elwan menjelaskan.

Untuk mengisi waktu ditengah badai pandemi, Elwan mengikuti sejumlah kompetisi dan beberapa kali menjuarai kompetisi tersebut serta mendapatkan penghargaan. Ia mendapatka hadiah berupa uang tunai dan peralatan fotografi.

Pada September lalu, Elwan menjadi salah satu peserta yang terpilih untuk mengikuti Toraja Hingland Festival 2021 selama 5 hari dan hasil jepretannya mendapatkan peringkat kedua.

Bagi Elwan, itu adalah hasil dari buah kesabarannya selama ini. Mulai dari studio foto resmi beroperasi disaat angka Covid-19 melandai dan diikuti prestasi di tingkat nasional.

"Hal ini menujukkan bahwa proses yang dijalani dengan serius, dengan penuh kesabaran akan menghasilkan hasil yang maksimal. Sekalipun itu di masa sulit seperti saat ini,” jelasnya, Jumat lalu.

Minatnya pada fotografi sudah ada sejak tahun 2006 saat bekerja sebagai di salah satu studio foto di Bangka Belitung.

bagi Elwan sudah menjadi bagian dari hidupnya yang tak terpisahkan. Dia mulai tertarik menggeluti bidang ini pada tahun 2006 saat masih berada di Bangka Belitung. Ia bertugas mempersiapkan peralatan fotografi. Dari kesehariannya itu Elwan mulai tertarik menekan tombol-tombol pada kamera.

Elwan memberanikan diri belajar memotret setelah pekerjaannya selesai. Saat itu masih era kamera analog yang menggunakan film sebagai pencetak gambarnya. Proses pengambilan gambar memang harus diperhatikan dengan seksama.

Elwan juga mengikuti sejumlah workshop untuk menambah skill literasi fotografi. Dia kemudian memantapkan diri untuk terjun di bidang ini dan menjadikannya sebagai bisnis.

Apa alasan utama memilih fotografi? Elwan menjelaskan, "Fotografi itu tak pernah lepas dari kehidupan manusia: mulai dari kelahiran, pernikahan hingga prosesi kematian kerap menggunakan jasa fotografi untuk merekam momen berharga mereka. Oleh sebab itu, usaha jasa ini menjanjikan dan tak lekang waktu selama masih ada manusia di bumi ini."

Hingga hari ini, ayah tiga anak ini fokus mengembangkan elonephotography agar mejadi pilihan masyarakat Pekanbaru untuk mengabadikan moment istimewa kehidupannya. Sebut saja pernikahan, acara kelulusan/wisuda, foto keluarga, Photobook, dan produk fotografi lainnya.(Nisa)




Berita Lainnya :
 
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  • Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved