Senin, 31/08/20
 
Perlu Diketahui Makanan Yang Perlu Dihindari Agar Tidak Terkena Radang Usus Buntu

Nisa | LifeStyle
Senin, 11/10/2021 - 15:21:58 WIB
Foto ilustrasi apabila terkena penyakit radang usus buntu, foto sumber google.com
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru, Riaueksis.com-- Radang Usus buntu kerap menjadi penyakit bagi sebagian orang. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan berbagai hal, dan sebagian orang menanggap bahwa radang usus buntu terjadi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi, dan selalu menjadi kambing hitam bagi sebagian orang.

Mengutip dari artikel cnnindonesia.com, usus buntu dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah segar atau sayuran. Selain itu makanan yang disarankan adalah oat, tepung gandum utuh, nasi merah juga baik untuk pencernaan.

1.Makanan yang digoreng/ gorengan

Makanan yang digoreng mengandung lemak tinggi yang bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan. Makanan itu sangat dilarang bagi penderita usus buntu atau dalan pasca operasi, dikarenakan makanan ini sangat sulit untuk diterima/dicerna


2. Alkohol dan minuman bersoda

Dalam kasus usus buntu, alkohol juga bakal berbahaya untuk liver dan berefek buruk pada pencernaan. Dan alkohol juga dapat menyebabkan banyak penyakit lainnya. Dan sebaiknya sangat harus untuk dihindari.

3. Daging merah
Daging merah mengandung lemak tinggi dan sulit dicerna tubuh.

4. Cake
Aneka cake dan pastri, meski enak disantap namun berbahaya bagi pencernaan karena mengandung gula yang tinggi. Terlalu banyak menyantap makanan manis hal tersebut dapat menyebabkan penyakit lain nya seperti obesitas dan pemicu diabetes.

5. Biji-bijian

Menurut penelitian ini bisa terjadi lantaran biji buah atau tanaman sulit dicerna tubuh. Namun ini tak melulu pasti jadi penyebabnya.

Di antara 1.969 kasus didiagnosis sebagai radang usus buntu akut yang menjalani operasi usus buntu antara tahun 2002 dan 2009, 8 kasus dengan adanya sisa tanaman yang tidak tercerna dan biji buah.

Mengutip penelitian yang dimuat dalam NCBi, dikonfirmasi dengan pemeriksaan histopatologi, sisa tanaman yang tidak tercerna dan biji buah ditemukan masing-masing pada 7 dan 1 kasus.

6. Makanan pedas

Satu hal yang pasti, makan makanan pedas, seperti cabai, cabai atau salsa, dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di daerah antara tulang dada dan pusar, serta mual. Rasa sakitnya bisa sangat tidak nyaman sehingga bisa disalahartikan sebagai radang usus buntu atau usus buntu yang pecah dan jadi kambing hitam makanan penyebab usus buntu.**






Berita Lainnya :
 
  • WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved