Senin, 31/08/20
 
Kenali 3 Dampak Buruk Jika Anda Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Ica | LifeStyle
Minggu, 19/09/2021 - 13:28:59 WIB
Kopi
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru, Riaueksis.com --- Banyak orang yang merasa tidak bisa beraktivitas tanpa secangkir kopi, teh, coklat dan minuman berenergi. Rasa yang seakan menjadi candu menjadi alasan untuk terus menikmatinya setiap hari. Namun, sudah tahu kah kita minuman itu memiliki kandungan kafein yang memiliki berbagai dampak bagi tubuh.


Kafein merupakan senyawa alkaloid dan salah satu kandungan utama yang terdapat dalam kopi. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi kafein secara berlebih juga memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. 


1. Mengurangi Kemampuan Kognitif


Mengonsumsi kopi dalam jumlah normal bisa bermanfaat bagi kesehatan otak. Empat cangkir kopi yang setara 400 miligram kafein umumnya dianggap aman untuk orang dewasa. Akan tetapi, jika diminum terlalu banyak, berpotensi mengurangi kemampuan kognitif. Menambah banyak gula juga semakin mengurangi fungsi kognitif otak.


Selain itu, meminum kopi terlalu malam pun bisa menimbulkan kegelisahan sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh kafein tetap berada di aliran darah.


2.Mengecilkan Volume Otak


Dilansir dari Antara, studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of South Australia menemukan bahwa minum kopi lebih dari enam cangkir kopi dalam sehari dapat mengecilkan volume otak dan meningkatkan risiko demensia. 


Penelitian ini menjadi kenyataan pahit bagi pecinta kopi. Namun yang terpenting adalah menemukan keseimbangan dan memberikan wawasan tentang mengkonsumsi kopi agar mendapatkan manfaat yang maksimal. Bukan malah mendapat kerugian.


3.Memicu dan Meredakan Sakit Kepala


Mengkonsumsi kafein secara berlebih, selain menyebabkan ketergantungan, juga bisa meredakan sakit kepala dan sekaligus juga dapat memicunya. Kafein yang dapat mempersempit pembuluh darah di sekitar otak dan mengurangi aliran darah ke otak pada akhirnya akan membantu meredakan sakit kepala.


Namun, jika berhenti mengkonsumsi kafein secara langsung, maka pembulu darah akan membesar. Kemudian menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak akhirnya menyebabkan sakit kepala.**


Sumber: Asumsi.com






Berita Lainnya :
 
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  • Ini Sosok Risnandar Mahiwa Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru
  • Dialog Penguatan Internal Polri: Harmonisasi Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Satu-Satunya di Provinsi Riau, Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN
  • PT BRM Bersama Mahasiswa Bersihkan Mesjid AL Ikhlas di Batusangkar yang Rusak Diterjang Banjir Lahar & Galodo
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved