Senin, 31/08/20
 
Simak !! Cara Merawat Ikan Koi dan Menanggulangi Hama

Ica | LifeStyle
Kamis, 09/09/2021 - 14:28:40 WIB
Foto Istimewa
TERKAIT:
   
 
Riaueksis.com - Ikan koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang digemari dan disukai oleh masyarakat. Berikut cara merawat ikan koi dan menanggulangi hama yang mengganggu. Memiliki nama latin Cyprinus carpio, ikan koi mempunyai kelebihan, seperti bentuknya yang bagus dan indah, warna yang cerah, harga yang mahal, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga orang banyak membudidayakannya

Ikan koi menjadi primadona karena harga yang banyak bervariasi, mulai dari harga ribuan hingga ratusan juta per ekor. Alhasil, semua kalangan masyarakat bisa menikmati ikan hias ini. 

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Indonesia jenis ikan koi yang paling diminati masyarakat adalah Kohaku, Showa, dan Sanke. 

Ikan koi juga bisa dibudidayakan di alam terbuka, kolam dalam rumah, kolam luar rumah, dan akuarium.  Pusat budidaya ikan koi di Indonesia di antaranya adalah Blitar, Tulungagung, Bogor, dan Sukabumi. Namun, kini hampir semua daerah di Indonesia mengembangkan jenis ikan hias ini yang bisa dilakukan secara individu maupun per kelompok. 

Cara merawat ikan koi memang terlihat ckuprumit. Namun sebenarnya, cara ini cukup sederhana.  Dirangkum dari laman resmi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pemerintah Kabupaten Buleleng, cara merawat ikan koi cukup menjaga kebersihan kolam dan agar ikan koi bisa berenang dengan normal. 

Selain itu, kolam ikan koi juga harus diberi aerasi yang bagus agar ikan tetap bisa mendapat asupan oksigen dalam air. Air juga dibersihkan untuk menghilangkan hama, serta menanggulangi adanya potensi penyakit karena kualitas air yang buruk. 

Hama ikan koi seringkali menyebabkan berbagai penyakit sampai kematian. Induk ikan koi umumnya rentan terserang hama.  Beberapa hama tersebut antara lain keong, ular, katak, ikan nila, dan ikan seribu. Selain hama, induk ikan koi juga rawan terkena berbagai penyakit seperti jamur yang bisa menginfeksi tubuh induk koi. 

Sementara untuk larva ikan koi rentan terserang jenis hama keong dan katak. Keong dikatakan sebagai hama karena bisa menimbulkan persaingan oksigen antara keong dan ikan koi.  Cara menanggulangi keong adalah dengan melakukan pembersihan rutin. Kolam dibersihkan dari keong-keong yang menempel pada dinding kolam.

Sementara katak bisa ditemukan suka berenang, terutama di kolam pemeliharaan yang memiliki air dangkal. Katak ini akan berburu larva ikan koi dan memangsa tubuh mereka yang masih kecil. Cara penanggulangan hama katak adalah dengan mengambil katak yang ada di dalam kolam pemeliharaan. Pemeriksaan keberadaan katak ini tentu saja harus dilakukan secara berkala. Jika tidak, adanya katak bisa mengurangi tingkat kehidupan ikan koi.**

Sumber : konten.co.id





Berita Lainnya :
 
  • WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved