Senin, 31/08/20
 
Manfaat Kunyit Untuk Menyembuhkan Asam Lambung Secara Alami

Ica | LifeStyle
Sabtu, 04/09/2021 - 17:14:11 WIB
Kunyit
TERKAIT:
   
 
JAKARTA, Riaueksis.com --- Bukan rahasia lagi , bahwa  kunyit dikenal luas sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Dan kunyit merupakan obat yang dipercaya ampuh digunakan untuk penyakit asam lambung alami.  Sebelum mengupas cara mengobati asam lambung dengan kunyit. 

Dilansir dari Healthline, kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit dipercaya bisa mengobati nyeri haid, radang sendi, sampai menjaga kesehatan pencernaan.  Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut terkait dengan kandungan zat curcumin di dalam rempah berwarna kuning ini.  Curcumin adalah jenis antioksidan polifenol. 

Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai zat antikanker.  Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan, manfaat kunyit dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung naik seperti heartburn (sakit perut atas sampai ke dada). 

Penelitian pada 2007 menyebutkan, GERD atau penyakit asam lambung kronis disebabkan peradangan dan stres oksidatif. Dari studi tersebut, mengobati asam lambung dan GERD perlu menggunakan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi seperti kunyit.  Studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin dapat mencegah peradangan esofagus yang disebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan.  Kendati sudah ada beberapa penelitian potensi manfaat kunyit sebagai obat asam lambung alami, sayangnya hingga kini belum ada studi khusus pada manusia yang menguji efektivitas kunyit untuk penyakit asam lambung. 

Namun, ada satu studi yang mengaitkan manfaat tak langsung kunyit untuk mengatasi penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Dengan demikian, kunyit dan ekstrak curcumin potensial digunakan sebagai obat asam lambung alami.  Cara mengobati asam lambung dengan kunyit cukup praktis dan sederhana. Anda cukup menggunakan rimpang kunyit yang sudah dikeringkan lalu ditumbuk menjadi bubuk. Gunakan bubuk kunyit tersebut untuk membuat minuman atau campuran bumbu saat memasak. 

Melansir Web MD, dosis kunyit yang direkomendasikan untuk mengobati asam lambung adalah 500 miligram curcumin, atau setara 1/2 sendok teh bubuk kunyit per hari.  Hal yang perlu diingat, tubuh manusia tak mudah menyerap kunyit. Bahan alami ini diekstrak dengan cepat oleh hati dan dinding usus. Salah satu cara untuk meningkatkan penyerapan kunyit bisa dengan mencampurkannya dengan lada hitam.  Namun jangan berlebihan menggunakan lada hitam. Sejumlah penderita asam lambung sensitif dengan lada dan asupan pedas lainnya. Perhatian, konsumsi kunyit berlebihan sampai 1.500 miligram curcumin atau 1,5 sendok teh bubuk kunyit bisa menimbulkan beragam efek samping.

Akan tetapi mengonsumsi kunyit secara berlebiha juga memiliki efek samping dapat menyebabkan mual, diare, dan alergi pada kulit. Sebelum mengkonsumsi kunyit untuk asam lambung, pastikan penderita penyakit asam lambung pastikan anda berkonsultasi kepada dokter, terutama bagi pemilik penyakit lainnya. 

Dikarenakan , kunyit merupakan zat pengencer darah alami. Anda tidak disarankan mengonsumsi kunyit apabila sedang minum obat pengencer darah atau akan menjalani operasi.  Kunyit juga dapat menurunkan gula darah, menurunkan tekanan darah, dan terkadang menimbulkan efek samping pada penderita kandung empedu. Ibu hamil dan menyusui ada baiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan.  **

Sumber : konten.co.id





Berita Lainnya :
 
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  • Ini Sosok Risnandar Mahiwa Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru
  • Dialog Penguatan Internal Polri: Harmonisasi Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Satu-Satunya di Provinsi Riau, Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN
  • PT BRM Bersama Mahasiswa Bersihkan Mesjid AL Ikhlas di Batusangkar yang Rusak Diterjang Banjir Lahar & Galodo
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved