Senin, 31/08/20
 
Pentingnya Manajemen Keuangan Dalam Kehidupan Sehari - hari

Ica | LifeStyle
Rabu, 25/08/2021 - 18:11:21 WIB
Foto ilustrasi
TERKAIT:
   
 

Pekanbaru, Riaueksis.com --Manajemen keuangan adalah proses perencanaan keuangan seseorang, perusahaan, maupun organisasi. Dengan adanya manajemen keuangan maka keuangan seseorang, perusahaan, maupun organisasi akan lebih jelas pengeluaran maupun pendapatan yang dimiliki. Tujuan manajemen keuangan ialah mengatur keuangan agar pengeluaran yang dikeluarkan memang benar-benar untuk kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan.

Manajemen keuangan tidak hanya penting diterapkan di dalam perusahaan besar akan tetapi di dalam kehidupan sehari-hari juga sangat diperlukan, karena setiap manusia tentu saja mempunyai uang mereka perlu mengatur keuangan mereka supaya uang yang mereka punya cukup untuk memenuhi kehidupan sehari-hari bahkan berlebih untuk bisa ditabung.


Manajemen keuangan di dalam kehidupan sehari-hari itu meliputi apa saja ya :

1. Catatan keuangan yang dimiliki

2. Daftar kebutuhan yang dibutuhkan.

3. Catatan penggunaan keuangan.

4. Menyisihkan sedikit uang yang harus disimpan ataupun ditabung.

5. Catatan akhir penggunaan keuangan maupun catatan uang yang masih tersisa.


Berikut penjelasan manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari dilansir dari Blog Kompasiana :

1. Catatan keuangan yang dimiliki.

Catatan keuangan yang dimiliki maksudnya ialah setiap orang dewasa, yang sudah bekerja, mahasiswa, maupun anak sekolah tentu saja mempunyai uang yang mereka miliki. Di dalam manajemen keuangan mencatat serta mengetahui uang yang dimiliki sebelum digunakan untuk keperluan-keperluan yang dibutuhkan sangatlah penting dikarenakan dari catatan keuangan yang dimiliki seseorang bisa menafsir keuangan yang dipakai untuk membeli keperluan yang dibutuhkan.

2. Daftar kebutuhan yang diperlukan.

Di dalam kehidupan sehari-hari catatan kebutuhan yang menjadi prioritas untuk dibeli sangat penting untuk dibuat. Dengan adanya daftar kebutuhan yang diperlukan seseorang dapat memenuhi terlebih dahulu kebutuhan yang memang kebutuhan utama di dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kebutuhan utama dapat terpenuhi.

3. Catatan penggunaan keuangan

Dengan adanya catatan penggunaan keuangan maka seseorang dapat mengetahui uang yang digunakan habis digunakan untuk apa saja. Catatan penggunaan keuangan bisa ditulis di buku khusus untuk mencatat penggunaan keuangan.

4. Menyisihkan sedikit uang yang harus disimpan ataupun ditabung.

Di dalam manajemen keuangan, menyisihkan sedikit uang yang harus disimpan atau ditabung sangat penting untuk diterapkan. Dengan menerapkan teknik tersebut maka seseorang akan mempunyai tabungan untuk kebutuhan yang terduga di masa depan. Ataupun keperluan untuk menikah, untuk pendidikan, untuk kebutuhan anak, dan lain-lainnya.

5. Catatan akhir penggunaan keuangan maupun catatan uang yang masih tersisa.

Catatan akhir penggunaan tidak kalah penting dengan teknik-teknik manajemen keuangan yang lain karena dengan membuat catatan akhir penggunaan keuangan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari maka seseorang dapat mengetahui jumlah keuangan yang habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta dapat menabung dari sisa uang yang tersisa. Dengan catatan ini dapat dijadikan acuan untuk penggunaan keuangan diperiode selanjutnya. Misalkan saja periode keuangan untuk satu bulan dan catatan akhir penggunaan keuangan bisa digunakan untuk acuan manajemen keuangan bulan berikutnya.


Manfaat manajemen keuangan jika diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari :

1. Keuangan menjadi lebih teratur.

2. Semua kebutuhan akan bisa terpenuhi.

3. Meminimalkan resiko kurangnya uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

4. Memiliki sisa uang untuk bisa disimpan atau ditabung.

5. Mengetahui uang yang dimiliki habis untuk membeli apa saja.


Jadi, jika seseorang tidak menerapkan manajemen keuangan dalam mengatur keuangan mereka besar kemungkinan seseorang tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan tidak bisa menyimpan sisa uang untuk disimpan ataupun ditabung karena uangnya habis tidak tahu habisnya kemana saja. Manajemen keuangan sangat penting untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.**


Sumber : kompasiana.com








Berita Lainnya :
 
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  • Ini Sosok Risnandar Mahiwa Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru
  • Dialog Penguatan Internal Polri: Harmonisasi Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Satu-Satunya di Provinsi Riau, Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN
  • PT BRM Bersama Mahasiswa Bersihkan Mesjid AL Ikhlas di Batusangkar yang Rusak Diterjang Banjir Lahar & Galodo
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved