Senin, 31/08/20
 
Sering Diabaikan, Berikut Cara Hidup Sehat yang Mudah Ditiru

Ica | LifeStyle
Rabu, 11/08/2021 - 13:37:36 WIB
Foto Ilustrasi
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru, Riaueksis.com-- Meski tahu dan sadar akan manfaatnya, ada sebagian orang yang tidak peduli dengan pola hidup sehat. Padahal hidup sehat memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan, bahkan merupakan kunci dari panjang umur.

Untuk mewujudkannya, ada sederet cara hidup sehat yang perlu kita terapkan dengan baik dan konsisten. Beberapa di antaranya bahkan tidak sulit untuk dilakukan. 

Melakukan pola hidup sehat pada dasarnya tidak ribet, asalkan konsisten dan rutin melakukannya. Beberapa langkah sederhana yang dapat kita terapkan sebagai cara hidup sehat, di antaranya:

1. Sempatkan berolahraga
Orang dewasa disarankan untuk berolahraga minimal 2,5 jam setiap minggunya. Sempatkan untuk berolahraga karena melakukan peregangan bagus untuk tubuh dan pikiran. Lakukan olahraga yang kamu sukai, misalnya berlari, bersepeda, berenang, senam, yoga, dan lainnya

Kamu juga dapat melakukan latihan di pusat kebugaran untuk membantu membakar kalori dan membentuk massa otot. Banyak ahli juga merekomendasikan untuk berjalan setidaknya 10.000 langkah per hari dalam menjaga kesehatan tulang.

2. Tidur yang cukup
Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur di malam hari, meski setiap orang mungkin berbeda kebutuhannya.

Tidur yang cukup dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik, mempertajam memori dan fokus, serta membantu mempelajari hal-hal baru.

Dalam jangka panjang, cara ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga berat badan. Akan lebih baik jika kita tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

3. Minum air putih yang cukup
Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas atau 2 liter air putih setiap hari agar tetap terhidrasi dengan baik. Kamu juga dapat menambahkan irisan lemon, jeruk atau timun untuk membuat air menjadi lebih segar.

Sebaiknya, hindari minuman ringan bergula dan minuman berenergi karena termasuk sumber utama kalori yang tak bernutrisi, serta dapat menyebabkan obesitas dan diabetes tipe-2. Selain itu, hindari pula alkohol karena dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Pola makan yang sehat dan seimbang dapat membantu tubuh menyediakan energi dan menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kronis, seperti jantung, hipertensi, diabetes, dan kanker. Ini juga dapat membantu kita mempertahankan berat badan normal.

Pastikan dalam piring terdapat cukup protein yang berasal dari hewani dan nabati, karbohidrat, serat, serta lemak yang baik.

Perbanyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindari berbagai makanan olahan dan makanan yang mengandung banyak gula.

4. Menjaga berat badan ideal
Obesitas dikaitkan dengan usia yang lebih pendek dan peningkatan risiko berbagai penyakit kronis. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga berat badan dalam kisaran yang normal.

Mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga dapat membantu kita mempertahankan atau mencapai berat badan ideal.

5. Hindari rokok
Merokok menjadi salah satu pemicu terbesar timbulnya berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Jika ingin mewujudkan hidup sehat, tentu saja kita harus berhenti merokok.

Meski berhenti merokok bukan perkara mudah, sebaiknya pikirkan berbagai konsekuensi buruk akibat merokok yang dapat terjadi pada kamu dan keluarga.

Rokok dapat merusak paru-paru dan jantung, disfungsi ereksi, bahkan mampu mempercepat kerutan pada kulit.

6. Memelihara kesehatan mental
Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Kesehatan mental yang buruk dapat mempngaruhi energi dan fokus kita, bahkan meningkatkan peluang terkena penyakit jantung.

Jika merasa stres, cemas, depresi, atau masalah lainnya, kamu dapat membicarakannya pada pasangan, keluarga atau teman untuk meringankan perasaan itu. Namun bila itu tidak menolong, mintalah bantuan pada psikolog.**

Sumber : kompas.com







Berita Lainnya :
 
  • WWF Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi Pengamanan TNI-Polri
  • Ribuan Peserta, Pendaftaran ke Universitas Al-Azhar, Masih Dibuka Hingga 24 Mei 2024
  • Upacara Harkitnas di Blok Rokan, Manajemen PHR Tegaskan Semangat Tingkatkan Produksi untuk Ketahanan Energi Nasional
  • Ada Penyelenggaraan WWF ke-10, Pelaku UMKM di Bali 'Kecipratan' Dampak Positifnya
  • Pahami Konsep Kajian Ranperda, Tim Pansus BLJ Bertukar Pikiran bersama Biro BUMD Bandung
  • Kembalikan Berkas Bacalon Ketum HIPMI Bengkalis, Arsya Bertekad Wujudkan HIPMI Bermasa
  • Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF
  • Pelajari Analisis Resiko, Tim Pansus BPBD Studi Banding ke Kab. Bantul
  • PHR Pamer Inovasi Digitalisasi di IPA Convex 2024
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved