Senin, 25/11/2019
 
Untuk Penanganan Bencana Karlahut Tahun 2017, Pemko Dumai Anggarkan Rp2,5 Miliar

am | LifeStyle
Rabu, 06/04/2016 - 04:00:48 WIB
Dumai (RiauEksis.Com) - Pemerintah Kota Dumai menganggarkan dana Rp2,5 miliar pada tahun 2017 nanti untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di daerah tersebut.

"Pemerintah Kota Dumai menganggarkan Rp2,5 miliar untuk penanganan bencana Tahun 2017, anggaran tersebut termasuk untuk mencegah terjadinya bencana Karlahut di 2017," kata Kepala Bappeko Dumai, Marjoko Santoso, Senin (4/4/16).
 
Dikatakan mantan Kadiskes Dumai ini, anggaran tersebut sudah di bahas dalam Musrenbang menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Dumai 2017 yang dibuka Walikota Dumai Zulkifli AS di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung.
 
"Dalam penyusunan RKPD kita memasukkan anggaran penanganan bencana sebesar Rp2,5 miliar. Selain mengalokasikan anggaran penanganan bencana di 2017, Pemerintah juga sudah membahas upaya-upaya pencegahan Karlahut," katanya.
 
Dijelaskannya, belum lama ini seluruh instansi terkait diundung untuk ikut rapat koordinasi membahas upaya pencegahan bencana karlahut. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah membuat sekat kanal atau kanal blocking untuk mencegah karlahut.
 
"Sekat kanal berfungsi menjaga lahan gambut agar tetap basah. Lalu, kita akan membuat embung untuk cadangan air, jika terjadi kebakaran tim akan mudah mendapatkan sumber air untuk memadamkannya," kata Marjoko Santoso.
 
Selain itu, kata dia, pihaknya akan berupaya menambah peralatan pemadam karlahut. Mengingat peralatan yang dimiliki BPBD Kota Dumai minim dan perlu adanya penambahan sehingga
dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan bisa teratasi dengan cepat.
 
"Anggarannya saat ini tengah kita bahas dan mudah-mudahan bisa masuk pada APBD Murni 2017. Dengan masuknya anggaran ini segala bencana dapat teratasi dengan cepat di Kota Dumai," ungkap Marjoko Santoso. (re/hms)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kapolres Rohul Bersama Forkopimda Rohul Cek Gudang Beras,Pastikan Stock Aman 6 Bulan Kedepan
  • Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang dan 10 Karung Beras
  • PBNU Sarankan Shalat Tarawih-Shalat Id di Rumah
  • Jokowi Usulkan Jadwal Mudik Setelah Lebaran
  • Kepala Desa Cipang Kanan Abadi Adakan Penyemprotan Desinfektan Diwilayah Desanya
  • Jaga Stock Darah Tetap Ada, Koramil Wilayah Kab. Siak Laksanakan Donor Darah
  • Atasi Kekurangan Ketersedian Darah, Jajaran Koramil 12/Pwk Sabak Auh Laksanakan Donor Darah 
  • Antisipasi Wabah Covid 19, Babinsa Bersama Penghulu Kampung Pencing Bekulo Buat Ruang Sterilisasi
  • Di Riau positif covid 19 meningkat dari 3 menjadi 7 orang.
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved