Senin, 31/08/20
 
Terkait Kebocoran Data Pengguna Facebook
Berikan Jawaban yang Sama Berulang-ulang, Bos Facebook Dicemooh Warganet Dunia

Ditma | Internasional
Rabu, 11/04/2018 - 19:23:43 WIB

TERKAIT:
   
 
WASHINGTON, Riaueksis.com -Jawaban-jawaban bos Facebook, Mark Zuckerberg, saat ditanyai para Senator Amerika Serikat (AS), soal bocornya 87 juta data pelanggan menjadi sorotan publik. Ada satu kalimat yang diulang-ulang oleh Zuckerberg saat menjawab pertanyaan para Senator AS. 

Seperti dilansir news.com.au, Rabu (11/4/2018), di hadapan Senator AS, Zuckerberg menyebut upaya memerangi intervensi pemilu, berita palsu dan propaganda yang marak di Facebook sebagai 'adu senjata' yang sedang berlangsung. Zuckerberg bahkan menyatakan, selama masih ada orang-orang di Rusia yang bertugas memproduksi konten berita menyesatkan untuk disebarkan di media sosial, Facebook tidak yakin bisa mengawasi semuanya.

Namun saat ditanya soal data pengguna dan soal melacak para pengguna Facebook di internet, CEO yang berusia 33 tahun ini mengelak dengan melontarkan satu kalimat yang sama dan bahkan tercatat diucapkan berulang oleh Zuckerbeg dalam sesi tanya-jawab dengan Senat AS ini.

"Saya akan memastikan tim saya menindaklanjutinya untuk Anda," jawab Zuckerberg.

Ketika ditanya lebih lanjut oleh Senator Nevada soal berapa lama Facebook menyimpan data pengguna setelah pengguna menghapus akun mereka, Zuckerberg tidak bisa memberi jawaban pasti. 

"Saya tidak tahu jawabannya tanpa melakukan penyelidikan yang matang, saya tahu kami berusaha menghapusnya secepat mungkin sepantasnya ... Saya bisa menindaklanjutinya atau memastikan tim saya menindaklanjutinya dengan memberikan datanya kepada Anda," ujar Zuckerberg. 

Saat ditanyai soal kecerdasan buatan atau AI dan transparansi pada sistem Facebook, Zuckerberg bisa menjawab dengan lancar. Dia menyatakan bahwa sistem AI pada Facebook mengambil keputusan yang tidak mudah dipahami manusia, namun hal ini sedang diteliti lebih lanjut agar sistem AI nantinya bisa terus berpegang pada prinsip-prinsip penting. 

Namun saat ditanya lebih lanjut soal apa saja prinsip penting yang kritis bagi sistem AI Facebook, Zuckerberg kembali melemparkannya kepada timnya. "Saya bisa memastikan tim kami untuk menindaklanjuti dan memberikan informasinya kepada Anda. Kami memiliki seluruh tim etika AI yang pada dasarnya bekerja untuk mengembangkan teknologi," ujarnya.

Jawaban Zuckerberg yang selalu menyatakan timnya yang akan menindaklanjuti membuat frustrasi publik, khususnya pengguna media sosial.

"Bisa saja kebetulan, tapi tawaran Zuckerberg untuk memastikan timnya menindaklanjuti tampaknya terjadi setiap kali jawabannya akan terlihat buruk untuk diucapkan di depan kamera," sebut salah satu pengguna Twitter dengan akun @AlexKoppelman. 

"#Zuckerberg membuang-buang 19,4 menit dengan mengatakan 'senator', 'tidak yakin', 'secara umum' dan 'tim saya akan melaporkan kembali kepada Anda'," sindir pengguna Twitter lainnya, @tweetbrk.

"Saya harap saya memiliki sebuah tim yang bisa menindaklanjuti banyak hal," ucap pengguna Twitter dengan akun @greggutfeld mengomentari jawaban Zuckerberg itu.

"Tim Zuckerberg bertanya-tanya ke mana mereka akan mendapatkan waktu untuk menindaklanjuti semua hal ini," timpal pemilik akun Twitter @acedtect.

"Ringkasan saya untuk sidang Zuckerberg sejauh ini: "Secara umum, saya akan memastikan tim saya menindaklanjuti hal itu, dan jika tidak, semuanya akan baik-baik saja dikarenakan AI (artificial intelligence)," tulis pengguna Twitter, @edtparkes. 
(der)

Sumber: Detik.com





Berita Lainnya :
 
  • Indosat Ooredo Hutchison dan Google Cloud Perkuat Kerjasama Strategis Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI Di seluruh Indonesia
  • Culture Summit 2024, Program NASIHAT dan AKHLAK Beat PHR Buktikan Keunggulan Budaya Kerja Positif di WK Rokan
  • PHR Berbagi Ilmu dan Semangat Lestari kepada Pelajar di Momen Hari Lingkungan Hidup 2024
  • 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR
  • Polda Riau Siap Amankan PSU Pileg dan Pilkada 2024 Provinsi Riau
  • Perwakilan SKK Migas Sumbagut Diskusi Energi Kontribusi Hulu Migas di Depan Mahasiswa Universitas Riau
  • Rayakan Idul Adha 1445 H, Setwan DPRD Bengkalis Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban
  • Rahmad Asri Penyandang Disabilitas Merasa Terharu Usai Menerima SK PPPK dari Pj Gubernur Riau
  • Program Energi Berdikari PHR Ciptakan Sirkular Ekonomi Warga Mukti Sari Kampar
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved