Senin, 31/08/20
 
Kunci Penjara Nelson Mandela Batal Dilelang

| Internasional
Minggu, 09/01/2022 - 10:50:12 WIB
AFRIKA SELATAN, Riau Eksis.com- Ada hal menarik, lelang kunci sel penjara yang pernah menahan Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, Nelson Mandela dihentikan.

Awalnya, kunci sel penjara pulau Robben, tempat Mandela habiskan 18 dari 27 tahun di penjara, dijadwalkan dilelang pada 28 Januari oleh rumah lelang AS Guernsey.

Guernsey's mengumumkan di situs webnya bahwa pelelangan telah ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut "menunggu tinjauan" oleh Badan Sumber Daya Warisan Afrika Selatan.

Izin menjadi alasan pelelangan untuk dihentikan.

"Bukan karena mereka percaya ada sesuatu yang dicuri, tetapi barang-barang itu meninggalkan Afrika Selatan tanpa izin yang diperlukan," kata presiden Guernsey Arlan Ettinger kepada AFP.

Ettinger mengatakan perusahaannya telah dihubungi oleh salah satu putri Mandela untuk melelang perlengkapan, termasuk kuncinya.

Menteri Seni dan Budaya Nathi Mthethwa, memuji rumah lelang karena setuju untuk menangguhkan lelang.

Dalam pernyataannya, kementerian mengatakan "kunci itu melambangkan sejarah menyakitkan Afrika Selatan sementara juga mewakili kemenangan semangat manusia atas kejahatan.

"Kunci ini adalah bukti hidup dari perjalanan panjang orang Afrika Selatan menuju kebebasan dan menjadi milik rakyat Afrika Selatan. Oleh karena itu, harus dikembalikan ke negaranya."

Dilansir Cnnindonesia. Selain kunci, ada beberapa barang yang juga akan dilelang, antara lain kemeja Madiba yang ikonik, kacamata, dan pena.

Kunci penjara Nelson Mandela ini didapatkan dari mantan penjaga penjara Mandela Christo Brand, yang menjalin persahabatan dengan ikon anti-apartheid. Brand telah memiliki kunci itu sejak 1980-an.

Kunci Itu sudah rusak dan Brand mengatakan sudah pernah mengirimkannya kembali ke penjara.

"(Dia) Mengirimnya kembali ke pihak berwenang sana, ... tetapi itu dikembalikan kepadanya, dan dia menyimpannya ke laci dan tetap di sana selama 30 tahun sampai dia dihubungi oleh sebuah museum yang merakit hal-hal yang berkaitan dengan Mandela," kata Ettinger, memuji Brand.

Rencananya, uang hasil pelelangan akan digunakan untuk membangun Mandela Memorial Garden di desa tempat Mandela dimakamkan. (Der)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Fantastis..... Bensin Sawit Berhasil Dikembangkan
  • Jamil Akui Pemko Pekanbaru Izinkan Kegiatan Konser
  • Coffee Morning Bersama Insan Pers, Kapolres Bengkalis Ajak Wartawan Bersama Majukan Daerah
  • Hari Kedua Donor Darah PWI Riau,Terapi Tulang dan Sendi Gratis Masih Dilayani
  • Diharap Presidential Threshold 0 Persen, Partai Ummat Ingin Ada Capres Alternatif
  • Jaksa Akhirnya Tahan Syafri Harto, Tersangka Kasus Pelecehan Seksual
  • Gangguan Jiwa, Perempuan Panjat Tower Sutet di Kulim Pekanbaru
  • Piala AFF U-23 Tayang Ekslusif di SCTV dan Champions TV
  • Gubernur Diminta WALHI Riau Cabut Izin Tambang Pasir PT Logo Mas Utama di Pulau Rupat
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved