Senin, 31/08/20
 
Ibadah Umrah Dibuka 8 Januari, Kemenag Keluarkan Surat Edaran

| Nasional
Jumat, 07/01/2022 - 10:50:12 WIB
Ibadah Umrah Dibuka 8 Januari, Kemenag Keluarkan Surat Edaran. (Internet)
TERKAIT:
   
 
JAKARTA, Riau Eksis.com- untuk ibadah umrah, saat ini dibuka tanggal 8 Januari 2022. Hal itu disampaikannya Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief.

"Penyelenggaraan ibadah umrah akan kembali dibuka 8 Januari 2021. Proses persiapan dari penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan," katanya.

Dikutip dari suara.com. Hilman ungkap bahwa penyelenggaraan umrah di masa pandemi harus tetap mematuhi protokol kesehatan demi memberi perlindungan kepada jemaah.

“Karena masih didalam masa pandemi Covid-19, maka penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan untuk kepatuhan protokol kesehatan secara ketat. Baik itu, disaat berada tanah air ataupun di Arab Saudi," katanya.

Menurut Hilman, pihaknya telah lakukan atau megelar rapat lintas Kementerian/Lembaga berkaitanya Penyelenggaraan Ibadah Umrah tahun 1443 H itu tanggal 3 Januari 2022. Hilman sebutkan sudah mendapat araha Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Maka hal ini Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah akan memberangkatkan jemaah umroh, juga wajib melaporkan keberangkatan melalui SISKOPATUH,” tegas Hilman.

Ketentuan lainnya, kata Hilman, keberangkatan dipiroritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno Hatta. Kepulangan jemaah umrah juga harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

“Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy) dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU,” jelas Hilman

Kesempatan itu juga dipaparkan, untuk Kanwil Kemenag Provinsi dan Kemenag Kab/Kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jemaah umrah di wilayah kerjanya. Maka pihaknya telah bersurat kepada pihak Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia terkait dengan ketentuan penyelenggaraan ibadah umrah. (Der)






Berita Lainnya :
 
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  • Ini Sosok Risnandar Mahiwa Gantikan Muflihun Sebagai Pj Walikota Pekanbaru
  • Dialog Penguatan Internal Polri: Harmonisasi Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045
  • Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau
  • Satu-Satunya di Provinsi Riau, Bupati Kasmarni Raih Penghargaan Kartika Pamong Praja Muda dan Lencana Alumni Kehormatan IPDN
  • PT BRM Bersama Mahasiswa Bersihkan Mesjid AL Ikhlas di Batusangkar yang Rusak Diterjang Banjir Lahar & Galodo
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved