Senin, 31/08/20
 
Kadis Sosial Inhil Pimpin Apel Peringatan 14 Tahun Usia Tagana

ditma | Inhil Kab
Kamis, 22/03/2018 - 17:47:19 WIB
TEMBILAHAN,RiauEksis.Com - Menjadi taruna siaga bencana (Tagana) merupakan tugas mulia yang diemban membantu masyarakat dalam keadaan terkena bencana. Hadirnya Tagana pertama kali saat terjadi musibah bencana alam Tsunamindi Nangro Aceh Darussalam.

Hingga kini usia Tagana sudah mencapai 14 tahun, peran serta dari Tagana dalam membangun masyarakat disaat bencana bukti dari kontribusi satuan ini terhadap negeri tercinta.

Di Kabupaten Indragiri Hilir HUT Tagana yang ke 12 digelar apel peringatan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Syaifuddin Hamdan, Kamis (22/3/2018) dilapangan Kantor Dinsos Tembilahan. Dalam apel gabung tersebut diikuti jajaran Dinsos, personel Tagana,  dan TKSK.

Di HUT Tagana yang ke 12 ini, Syaifuddin mengharapkan, relawan Tagana dapat memberikan solusi dan tindakan penanganan respon bencana yang lebih baik sehingga menuntut persyaratan prestasi yang tinggi dari personel organisasi itu sendiri.

Dalam suatu kejadian bencana dijelaskan, Syaifuddin, Tagana lebih fokus pada penanganan pasca bencana, seperti mengakomodir dan memberikan pertolongan pada warga, evakuasi, memberikan penyuluhan atas kepanikan mental dari warga yang tertimpa bencana.

“Kedepannya, kita harapkan seluruh anggota Tagana dapat memecahkan masalah dan membantu korban bencana alam, dan bencana lainnya yang terjadi di Inhil, ” katanya.

Ia juga mengatakan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Sosial akan memberikan perhatian yang lebih besar kepada para anggota Tagana karena merupakan sukarelawan yang siap membantu dalam keadaaan darurat.

HUT Tagana ini dapat menjadi momentum meningkatkan sinergitas membantu tugas kemanusiaan  tanpa diskriminasi dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial agar Tagana lebih dikenal lagi oleh masyarakat Kabupaten Inhil.

“Selain menolong korban bencana, Tagana juga akan melaksanakan bakti sosial dengan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya,” terangnya.

Syaifuddin menerangkan, di Kota Tembilahan saat ini sudah ada 21 personel dari Tagana, ditambah dengan beberapa anggota relawan yang tergabung dalam TKSK ditingkat kecamatan.

"Kolaborasi antara Tagana dan satuan lain dalam menangani bencana diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap penanganan bencana," harap Syarifuddin. (adv)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • 30 September 2020 Kasus Positif Covid 19 di Riau bertambah 352 Meninggal 8
  • Komsos Dengan Warga Binaannya, Babinsa Koramil 06/SA Masyaraakat Ikut Pantau Wilayah
  • Babinsa Koramil 12/Pwk Sabak Auh lakukann Pendampingan dan Pengawasan Penyaluran BLT Desa Buantan Lestari
  • Disiplinkan Protokol Kesehatan, Babinsa Koramil 11/Pwk Kandis Ajak Warga Wilayah Binaan Ikut Mendukung Upaya Pemerintah
  • Sejumlah Pansus Raperda Usulan Pemerintah dan Prakarsa DPRD Riau dibentuk
  • Operasi Penegakkan Protokol Kesehatan Terus Gencar Dilaksanakan Babinsa 11/Pwk Kandis Bersama Tim Gabungan
  • Babinsa Koramil 11/Pwk Kandis Himbau Masyarakat Agar Taati Protokol Kesehatan
  • Babinsa Koramil 09/Minas Rutin Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karlahut di Setiap Wilayah Binaan
  • dokter Fransiskus Hamido Hutauruk Meninggal Terpapar Covid-19
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved