Senin, 31/08/20
 
Tim DKPP Inhil Evakuasi Buaya Muara Sepanjang 4,5 Meter

| Inhil Kab
Jumat, 19/11/2021 - 12:01:12 WIB
Tim DKPP Inhil Evakuasi Buaya Muara
TERKAIT:
   
 
 INHIL, Riau eksis.com- Jadi ancaman keselamatan bagi warga. Akhirnya, hal itupun disikapi Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengevakuasi seekor buaya muara sepanjang 4,5 meter.

Demikian disampaikanya Kepala DPKP Kabupaten Inhil H Ediwan Shasby saat dikonfirmasi wartawan. Ia mengatakan, hal itu untuk merespon laporan adanya seekor buaya muara yang sering muncu mengancam keselamatan warga Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu.

"Sebelum melakukan evakuasi tim juga melakukan briefing terlebih dahulu. Hal itu, perlu menyusun langkah-langkah penanganan evakuasi mengingat hewan muara ini cukup besar. Sementara ada sekitar 15 anak sungai yang harus ditelusuri mencari keberadaan buaya yang sering menampakkan diri ini," ujarnya.

Tepat pada hari Rabu (17/11/21) sekitar pukul 11.00 Wib, tim sudah berada di lokasi Desa Sialang Panjang dan langsung melakukan persiapan, dihadiri aparat desa dan Bhabinkantibmas setempat. Tim berkoordinasi dengan aparat Desa Sialang Panjang dan Bhabinkamtibmas Sialang Panjang, guna mempersiapkan proses evakuasi buaya.

Tim beranggotakan lebih kurang 25 orang diterjunkan, didampingi pengawas dari Tim Emergency Medical Service serta 3 tenaga medis. "Tim kita bergerak menyusuri sungai Sialang Panjang," katanya.

Diungkapkan Eddiwan, proses evakuasi buaya memakan waktu lebih kurang 8 jam dan juga beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar. Namun tim tidak patah semangat dan terus lakukan pencarian hingga malam hari. Kurang lebih 8 jam tim menyisir sungai dan berhasil menemukan target.

"Tim beberapa kali mengalami kegagalan, namun akhirnya buaya sepanjang lebih kurang 4.5 meter dengan lebar 60- 70 Cm serta berat sekitar 500 Kg berhasil ditangkap," tandas Eddiwan Shasby. (Lis)






Berita Lainnya :
 
  • Indosat Ooredo Hutchison dan Google Cloud Perkuat Kerjasama Strategis Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI Di seluruh Indonesia
  • Culture Summit 2024, Program NASIHAT dan AKHLAK Beat PHR Buktikan Keunggulan Budaya Kerja Positif di WK Rokan
  • PHR Berbagi Ilmu dan Semangat Lestari kepada Pelajar di Momen Hari Lingkungan Hidup 2024
  • 190 Mahasiswa Terbaik Riau Jalani Magang Kerja Praktik dan Tugas Akhir di PHR
  • Polda Riau Siap Amankan PSU Pileg dan Pilkada 2024 Provinsi Riau
  • Perwakilan SKK Migas Sumbagut Diskusi Energi Kontribusi Hulu Migas di Depan Mahasiswa Universitas Riau
  • Rayakan Idul Adha 1445 H, Setwan DPRD Bengkalis Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban
  • Rahmad Asri Penyandang Disabilitas Merasa Terharu Usai Menerima SK PPPK dari Pj Gubernur Riau
  • Program Energi Berdikari PHR Ciptakan Sirkular Ekonomi Warga Mukti Sari Kampar
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved