Senin, 31/08/20
 
Transaksi Kartu Kredit Melonjak Jelang Lebaran

wan | Ekonomi
Sabtu, 17/06/2017 - 23:29:02 WIB

TERKAIT:
   
 
JAKARTA (riaueksis.com) - Menjelang Lebaran biasanya terjadi peningkatan pada permintaan kredit konsumsi khususnya kartu kredit. Tren peningkatan ini seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat.

Apalagi dengan dibayarkannya gaji ke 13 dan tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil yang berdekatan. Selain itu, turunnya bunga kartu kredit juga jadi faktor pendorong naiknya transaksi.

"Untuk kartu kredit memang pasti akan ada kenaikan, apalagi BI kan sudah menurunkan suku bunga kartu kredit bulan ini," kata Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto, seperti dilansir detikFinance, Sabtu (17/6/2017)

Dia mengatakan saat ini daya beli masyarakat sudah cukup baik. Namun diharapkan tidak meningkat terlalu tajam karena seharusnya masyarakat lebih banyak mengalokasikan anggaran untuk tabungan.

Berdasarkan data yang dihimpun detikFinance, transaksi kartu kredit per April 2017 tercatat 17,66 juta kartu naik dibandingkan periode akhir 2016 17,4 juta kartu.

Nominal transaksi kartu kredit hingga April 2017 adalah Rp 95,4 triliun. Pada akhir 2016 nominal transaksi kartu kredit Rp 281,02 triliun. Untuk jumlah transaksi tercatat 107,42 juta transaksi. Pada akhir 2016 jumlah transaksi tercatat 305,52 juta transaksi.

Tahun lalu, hari raya Idul Fitri jatuh pada bulan Juli, data transaksi kartu kredit pada Juni 2016 lalu untuk volume transaksi kartu kredit mencapai 25,5 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp 23,93 triliun.

Dengan rincian tarik tunai 553,52 ribu transaksi dan nilai Rp 633,4 miliar. Sedangkan untuk belanja, volume transaksi tercatat 25,18 juta dengan nilai transaksi Rp 23,2 triliun.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, kartu kredit terjadi peningkatan karena biasanya jelang lebaran, daya beli sudah mulai meningkat di akhir Ramadan untuk memenuhi kebutuhan.

"Selain kartu kredit, kredit tanpa agunan juga akan meningkat ya," imbuh dia kepada detikFinance. (wan)



Dikutip dari: detikfinance.com






Berita Lainnya :
 
  • Kapolri Beri Penghargaan Casis Bintara Jari Putus Dibegal Masuk Bintara Polri
  • Kepedulian Polda Riau Meneduhkan Korban Bencana Galodo Sumbar, Kapolres Ucapkan Terima Kasih
  • KLHK Apresiasi Upaya PHR Cegah Konflik Gajah dengan Manusia dan Lestarikan Keanekaragaman Hayati
  • Catatan 2023, PHR Penghasil Migas Nomor 1 Indonesia
  • Pj Gubri Imbau Pihak Sekolah Tangguhkan Studi Tur ke Luar Daerah
  • Polda Riau Kirim 3 Truk Bantuan Sembako Korban Banjir Bandang Sumbar
  • Perkuat Rasa Solidaritas, Pimpinan dan Anggota DPRD Bengkalis Hadiri Halal Bihalal IKMKB
  • Ajang OSN dan FLS2N, Tiga Pelajar SMAN 2 Tapung Wakili Kampar ke Tingkat Provinsi
  • Pansus BPBD Pertajam Pembahasan Ranperda pada Rapat Perdana
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved