Senin, 31/08/20
 
Ritual Cheng Beng, Rohil Dipadati Warga Tionghoa

wan | Religi
Selasa, 28/03/2017 - 21:45:54 WIB
Foto: tionghoainfo
TERKAIT:
   
 
BAGANSIAPIAPI (RiauEksis.Com) - Sejumlah pekuburan di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, mulai dipadati warga keturunan Tionghoa baik lokal maupun luar daerah maupun luar negeri. Kehadiran warga Tionghoa ini guna melaksanakan ritual Cheng Beng atau yang sering disebut dengan ziarah ke makam leluhur.

Tokoh masyarakat Tionghoa, Rendy Gunawan, Selasa (28/3/2017) mengatakan, ritual Cheng Beng ini dilaksanakan 10 hari sebelum 4 April dan sampai dengan 10 hari sesudahnya yang dilakukan secara kekeluargaan.

"Ziarah ke makam leluhur dimulai pada Sabtu (25/3/2017) kemarin dan puncaknya pada tanggal 4 April mendatang. Saat ini saja warga Tionghoa baik yang berada di Jakarta, Medan, Jawa Tengah, Pekanbaru bahkan dari Malaysia dan Singapura mulai datang ke Bagansiapiapi," katanya, seperti dilansir halloriau.com, Selasa (28/3/2017).

Menurutnya, tradisi Cheng Beng yang diperingati setiap tahunnya ini sebagai bentuk penghormatan, bakti dan kesetiaan anak cucu kepada leluhurnya. Generasi penerus diharapkan pula menghormati leluhurnya dalam bentuk menjaga nama baik leluhur dalam sikap dan perilaku masyarakat.

“Kegiatan yang kami lakukan berkumpul bersama keluarga di kuburan untuk berdoa serta memberikan sesaji makanan, membakar hio dan lainnya," ucapnya.

Cheng Beng ini, lanjutnya tidak hanya dilaksanakan di Bagansiapiapi melainkan di seluruh Indonesia. "Pada acara puncaknya nanti biasanya diadakan sembahyang diwakili oleh semua marga, yang dimulai pukul 08.00 WIB," ujar Rendy Gunawan. 

Untuk perkuburan di Kota Bagansiapiapi ada dua tempat, yakni Kuburan Hua San Ting yang terletak di Kepenghuluan Bagan Jawa dan Kuburan Pemakaman Ki Lok Ting yang terletak di Jalan Pelabuhan Baru.

Saat ini kedua tempat itu telah ramai didatangi dan tampak bersih. Kemudian pada hari H nya nanti yakni tanggal 4 April dilakukan peletakan Abu di Vihara Sakyamuni. (wan)







Berita Lainnya :
 
  • Anggota DPRD Hadiri Pelepasan Keberangkatan Jemaah Haji Kab. Bengkalis
  • Wakil Ketua Syaiful Ardi Hadiri Penyerahan Penghargaan WTP dari BPK RI
  • Sempurnakan Draft Ranperda, Pansus BLJ Dialog bersama BPKP Provinsi Riau
  • Fraksi PDI Perjuangan Hadiri Bimtek dalam Rangka Mendalami Tupoksi anggota DPRD
  • Saat Perbaikan, KMP Permata Lestari I Alami Kebakaran
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved