Senin, 31/08/20
 
Antusias JCH Kabupaten Kampar Mengikuti Manasik Haji Pada Hari Kedua Sangat Tinggi, Hampir 10o Pers

an | Religi
Rabu, 03/08/2016 - 20:20:05 WIB
manasik haji
TERKAIT:
   
 
Bangkinang (RiauEksis.Com) - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kampar sangat antusias mengikuti kegiatan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar tahun 2016. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran JCH yang mencapai 100 persen.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kampar melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, H Dirhamsyah Msy kepada wartawan, kemarin di Gedung Mahligai Bungsu, Bangkinang Kota.          

Menurutnya, pada hari kedua manasik, JCH Kampar mengikuti agenda manasik haji (paket haji). Seluruh JCH berkumpul di Gedung Mahligai Bungsu sebagai Miqat Zamani, pada tanggal 08 Zulhijjah hari Tarwiyah dalam persiapan menuju lapangan arafah dengan pakaian ihram dan membaca talbiyah yang dipandu oleh ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom) untuk melaksanakan wukuf dengan kegiatan-kegitan yang telah ditentukan.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh JCH adalah shlat Zhuhur dan Ashar (Jama’ Qashar Ta'dim, Khutbah Wukuf, dan doa wukuf. Selesai wukuf, bersiap-siap menuju Mina. "Sampai di Mina, jam’ah mabit terlebih dahulu di Muzdalifah lewat tengah malam serta mengambil batu kerikil untuk melontar yang dipandu oleh Karu Karom masing-masing," jelas Dirhamsyah.

Sampai di Mina, JCH langsung melontar jumrah aqobah hari pertama 10 Zulhijjah. Dan bagi jamaah dapat melakukan tahallul (awal), kemudian kembali ke pemondokan.

Hari kedua melontar jumrah ula, wustu, dan aqobah. Hari ketiga sama dengan hari kedua dan bagi jamaah yang mengambil nafar awal kembali ke Mekkah tanggal 12 Zulhijjah sebelum matahari terbenam. Sedangkan bagi jamaah yang mengambil nafar sani, melanjutkan lontaran jumrah sampai selesai (hari keempat tanggal 13 Zulhijjah).

Setelah selesai melontar jumrah, maka jamaah kembali ke Mekkah (Masjidil Haram) untuk melakukan tawaf ifadhah, sai dan tahalul II. Setelah selesai melaksanakan seluruh rentetan kegiatan manasik, langsung diadakan evaluasi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar Dr H Mawardi Muhammad Sholeh Lc MA. Kemudian dilanjutkan dengan penutupan manasik haji serta melepas JCH Kampar secara resmi oleh Bupati Kampar.

Untuk jumlah JCH Kampar yang akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini, dari jumlah semula 524 orang, ada 5 orang JCH yang batal berangkat dengan alasan hamil dan ada juga yang meninggal dunia.

"Oleh karena itu, jumlah JCH kita menjadi 519 orang. Yang berada pada kloter (kelompok terbang) 9 dan 10. Insya Allah untuk kloter 9 akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada tanggal 16 Agustus 2016 dan kloter 10 pada tanggal 17 Agustus 2016," pungkasnya. (re)






Berita Lainnya :
 
  • Anggota DPRD Hadiri Pelepasan Keberangkatan Jemaah Haji Kab. Bengkalis
  • Wakil Ketua Syaiful Ardi Hadiri Penyerahan Penghargaan WTP dari BPK RI
  • Sempurnakan Draft Ranperda, Pansus BLJ Dialog bersama BPKP Provinsi Riau
  • Fraksi PDI Perjuangan Hadiri Bimtek dalam Rangka Mendalami Tupoksi anggota DPRD
  • Saat Perbaikan, KMP Permata Lestari I Alami Kebakaran
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved