Senin, 31/08/20
 
Selama Ramadhan 1436H, Ulama dari Madinah Jadi Imam Tarawih di Masjid Raya Senapelan Pekanbaru

mu | Religi
Jumat, 19/06/2015 - 16:57:46 WIB
Selama Ramadhan 1436H, Ulama dari Madinah menjadi imam shalat Tarawih di Masjid Raya Pekanbaru
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Pengurus Masjid Raya Senapelan, Pekanbaru, menghadirkan ulama dari Madinah, Arab Saudi, untuk menjadi imam shalat tarawih selama Ramadan 1436 Hijriah.

"Tahun ini panitia menghadirkan seorang imam dari Madinah," ujar Ketua Panitia Ramadan Masjid Raya Pekanbaru, Nasution, di Pekanbaru, Jumat (19/6/15).

Pada tahun-tahun sebelumnya panitia Masjid Raya Pekanbaru menghadirkan imam dari Palestina dan Turki untuk mengisi malam Ramadan di masjid tertua di Kota Pekanbaru itu. Namun, ia mengatakan imam tersebut tidak bisa keluar dari negaranya karena menghadapi masalah di negara konflik tersebut.

Nasution menjelaskan, imam dari Madinah yang didatangkan bernama Abdurrahman, yang juga dosen dari salah satu universitas di Kota Madinah. "Beliau sudah tiba di Pekanbaru sehari sebelum puasa," katanya.

Menurut dia, dalam pelaksanaan salat tarawih di Masjid Raya Pekanbaru sengaja mendatangkan imam dari luar negeri agar nuansanya berbeda, serta bertujuan untuk meningkatkan semangat para jamaah dalam melaksanakan salat tarawih. Sebab, setiap malam imam akan membaca satu juz pada salat tarawih sehingga pada akhir Ramadan jamaah yang setia akan khatam Alquran.

Ia mengatakan di masjid tersebut pelaksanaan salat tarawih terdiri dari 20 rakaat ditambah salat witir tiga rakaat. Namun, bagi jamaah yang biasa melaksanakan salat tarawih delapan rakaat tidak dipersoalkan. Selain salat tarawih, ia juga mengatakan bahwa di Masjid Raya Senapelan Pekanbaru tersebut akan dilaksanakan iktikaf, yaitu berdiam diri di masjid bagi kaum laki-laki.

"Orang yang beritikaf pada sepuluh akhir bulan Ramadhan akan terbebas dari dosa-dosa karena pada hari-hari itu salah satunya bertepatan dengan lailatul qadar," katanya. (rec)





Berita Lainnya :
 
  • Anggota DPRD Hadiri Pelepasan Keberangkatan Jemaah Haji Kab. Bengkalis
  • Wakil Ketua Syaiful Ardi Hadiri Penyerahan Penghargaan WTP dari BPK RI
  • Sempurnakan Draft Ranperda, Pansus BLJ Dialog bersama BPKP Provinsi Riau
  • Fraksi PDI Perjuangan Hadiri Bimtek dalam Rangka Mendalami Tupoksi anggota DPRD
  • Saat Perbaikan, KMP Permata Lestari I Alami Kebakaran
  • HENDRI CH Bangun : PWI Provinsi Riau Tuan Rumah HPN 2025 Diharapkan Lebih Melibatkan Generaai Muda
  • Difitnah Nikah Siri, Penghulu : Saya Dipaksa Mengakui Menikahkan Hamid dengan SKD
  • Polri Ungkap Keberhasilan Amankan World Water Forum ke-10 di Bali
  • Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved