Senin, 25 Mei 2020
 
LP3ES: RI Disarankan Lockdown Jika Ingin Selamatkan Ekonomi dari Corona

Ditma | Riau
Senin, 30/03/2020 - 00:01:47 WIB
Riaueksis, Pekanbaru - Di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia, opsi melakukan lockdown kembali disarankan untuk menekan penyebaran wabah ini ke banyak daerah. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pun menyarankan hal ini untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia.

Lewat keterangan tertulisnya, Ketua Dewan Pengurus LP3ES Didik J. Rachbini dan Peneliti LP3ES Fachru Nofrian mengatakan pemerintah terlalu angkuh untuk terus menyatakan tidak mau melakukan lockdown alias isolasi wilayah.

"Pemerintah dengan angkuhnya menyatakan tidak ada lockdown! Sudah begitu banyak yang memberikan saran tetapi nampaknya keras kepala, ciri kepemimpinan seolah-olah kuat, tetapi menghadapi masalah dalam manajemen yang krisis," tulis kedua ekonom, lewat keterangan yang diterima Minggu (29/3/2020).

Perlambatan ekonomi memang sudah tidak bisa lagi dicegah, tapi untuk menyelamatkan perekonomian tugas utama pemerintah adalah menangkal wabah corona meluas. Salah satunya dengan melakukan lockdown. Setelah itu baru memikirkan kebijakan ekonomi yang pas.

"Perlambatan ekonomi tidak dapat dicegah, tetapi tugas pemerintah utamanya menangkal wabah covid-19. Setelah itu baru menangkal ekonomi agar tidak terjungkal menjadi krisis, yang menyebabkan ekonomi rakyat terpuruk," kata Didik dan Fachru.

Didik dan Fachru pun kecewa setelah saran dari Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) untuk melakukan lockdown ditolak pemerintah. Padahal menurut keduanya, JK bukan orang baru di pemerintahan, bahkan lebih berpengalaman dibanding penghuni Istana Negara yang sekarang.

"Ikuti saran JK, yang sudah lama meminta pemerintah tegas untuk melakukan lockdown, tetapi selalu dijawab, tidak ada lockdown. Tidak ada penghuni di istana itu, yang lebih dari berpengalaman daripada JK," ungkap Didik dan Fachru.*


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Cegah Penularan Wabah Corona di Wilayahnya, Anggota Koramil Minas Rutin Pantau Keluar-Masuk Warga¬†
  • Anggota Koramil Siak Terus Pantau Pintu Masuk Negeri Istana
  • Begini cara orang Arab Saudi merayakan Idul Fitri
  • Di Hari Pertama Lebaran 2020 Anggota Koramil 09 Minas Pam Posko Covid-19 di Simpang Perawang
  • Bersama MPA dan Masyarakat, Sertu Susiawan Pantau Wilayah Rawan Kampung Muara Kelantan
  • Patroli Malam Anggota Koramil 09/Minas Bersama Tim Gabungan Larang Warga Berkumpul
  • Babinsa bersama Tim Gugus Covid 19 Pantau dan Awasi Keluar-Masuk Warga di Kec. Sabak Auh
  • TNI Bersama Tim Gabungan Terus Pantau Warga Di Pintu Masuk Kab. Siak
  • Babinsa : Lewati Pos Cek Poin Siak, Tak Punya Surat Izin Kesehatan Silakan Kembali
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved