Senin, 25/11/2019
 
Begini Cara Unilak Dukung Pemerintah Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan

Martalena | Riau
Selasa, 25/02/2020 - 20:36:46 WIB
PEKANBARU,Riaueksis.com-Universitas Lancang Kuning(Unilak) berkomitmen untuk turut serta membantu pemerintah, kepolisian, TNI dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Riau, Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor Unilak Dr Junaidi,SS,M.Hum saat memberikan sambutan pelatihan kebakaran dan lahan di lapangan Bola Unilak.Selasa(25/02/2020). turut hadir Wakil gubernur Riau Brigjen TNI (purn) Edy Natar, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi

Pelatihan diikuti oleh 200 relawan tingkat mahasiswa, 50 securty dan pegawai di lingkungan unilak, materi pelatihan diberikan oleh Tim fire fighter PT RAPP.

Rektor Unilak,Dr.Junaidi di awal sambutannya, kegiatan pelatihan ini kami lakukan untuk mengimplementasikan dan mewujudkan MOU yang di tanda tangani antara universitas lancang kuning dengan Kapolda Riau dalam upaya penanggulangan Karlahut, dan kami di universitas lancang kuning berkomitmen untuk mendukung pencegahan penaggulangan pemadaman kebakaran hutan. Maka dari itu kami laksanakan kegiatan ini dengan harapan akan muncul relawan-relawan di Unilak dalam penanggulangan hutan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa kami ada 200 orang kemudian juga diikuti oleh karyawan dan security yang ada di universitas lancang kuning, dan di hari kedua para peserta akan berkunjung ke posko relawan karhutla di Komplek Purna MTQ untuk mendaftar.


" kami berharap kepada adek-adek mahasiswa untuk bisa bergabung dengan program relawan yang telah di gagas oleh pemerintah provinsi Riau dan Polda Riau dalam penanggulangan kebakaran ini dan sistem nya sekarang sudah sangat canggih, menurut saya adanya teknologi Dasboard lancang kuning yang digagas oleh Polda Riau, yang memantau 24 jam kondisi atau keadaan hutan yang ada di provinsi Riau sudah sangat bagus." Kata Junaidi

Sementara itu, GM PT Rapp,Wan Jack
Menyebutkan, dalam menjalankan operasionalnya, RAPP memiliki komitmen yang kuat untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya karhutla. Salah satunya, RAPP telah mencanangkan kebijakan lahan tanpa bakar atau No Burn Policy pada tahun 1994. Kemudian, RAPP juga menginvestasikan sebesar 6 juta dollar Amerika Serikat untuk penanggulangan karhutla dengan biaya operasional selitar 2 juta dollar Amerika Serikat per tahunnya.

'Kami menyadari bahwa investasi dalam pencegahan kebakaran melalui pendidikan dan membangun kemampuan merupakan tindakan yang lebih efektif daripada memiliki kemampuan pemadaman kelas dunia. Kami kemudian meyakinkan diri dan memilih untuk menjadi bagian dari solusi pencegahan karhutla" terang Wanita Jack dihadapan peserta.

Seperti kegiatan pada hari ini yang akan memberikan edukasi dan pengetahuan kepada mahasiswa sebagai generasi muda harapan bangsa tentang pentingnya menjaga hutan dan lahan dari kebakaran. Mencegah lebih baik daripada memadamkan.

Saat ini, PT RAPP memiliki program Desa Bebas Api atau Fire Free Village sebagai wujud nyata aksi pencegahan karhutla sekaligus mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya membuka lahan dengan cara membakar. Program desa bebas api memiliki lima aktifitas salah satunya memberikan Penghargaan Desa Bebas Api, sebesar 100 juta rupiah bagi desa yang mampu mencegah wilayahnya dari karhutla. Reward yang diberikan berupa program infrastruktur sesuai kebutuhan masyarakat.( Len).

comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Sri Mulyani: 95.000 Orang di Indonesia akan Terpapar Corona
  • Terkait Mudik, Polri: Sedan Hanya untuk 2 Orang
  • Inilah 19 Dokter yang Meninggal Terkait Corona
  • PDP Bertambah, Bupati Inhil Minta Masyarakat Tenang
  • Tim 7 DPD Himperra Riau Terbentuk, Siap Pangkas Waktu Pengurusan KPR.
  • Pemkab Kampar jadikan Taman rekreasi Stanum tempat isolasi covid 19.
  • Pasien Covid-19 Meninggal 209 , sembuh 192 orang, total kasus positif 2.491.
  • Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta
  • PWI Riau dan SPS serahkan 100 paket sembako untuk wartawan
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved