Senin, 31/08/20
 
Ibu-ibu Asal Kabupaten Inhil Meraih Juara 1 Nasional Makan Bergizi Berimbang Sehat dan Aman

mu | Kuliner
Minggu, 18/10/2015 - 22:28:02 WIB
Tembilahan (RiauEksis.Com) - Kabupaten Inhil berhasil meraih juara satu tingkat nasional makanan Bergizi Berimbang Sehat dan Aman (B2SA) dalam peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-XXXV Tahun 2015 di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu 17 -20 Oktober 2015.

Tropi Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekjen Kementerian Pertanian RI Hari Priono dengan tema "Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan ".

Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional.

Ketua TP.PKK Kab.Inhil Hj.Zulaikha Wardan menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan meraih juara tingkat nasional ini.

"Alhamdulillah berkat do'a kita semua Inhil berhasil membawa harum nama Riau di tingkat nasional. Dengan rasa haru sekaligus bangga kita bersyukur kepada Allah SWT, karena atas izinya jua kita bisa sukses meraih juara 1 nasional. Terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada bapak bupati yang telah nemberikan perhatian penuh dengan mengarahkan dan mengalokasikan dana sehingga kegiatan ini sukses meraih juara," syukurnya.

Ketua P2TP2A ini berharap untuk kedepannya bisa lebih baik dan bisa mempertahankan prestasi ini.

"Harapan kedepan kita bisa pertahankan juara ini dengan meningkatkan koordinasi dan kerja sama semua pihak yang terkait termotivasi sehingga lomba-lomba yang lainnya bisa sukses kembali. Sehingga kita bisa wujudkan inhil yang maju bermarwah dan Bermartabat," harapnya.

Lebih lanjut ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak yang terlibat langsung dalam perlombaan.

"Kepada Ibu Camat Pelangiran Tini Sutarno, Ipat,livia dan Rina dan ibu-ibu yg masuk langsung dalam lomba ini saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yg tinggi. Semoga kita bisa mertahankan juara ini sampai dapat piala tetap, tingkatkan terus kebersamaan dan koordinasi kita," lanjut Zulaikha.

Menu yang berhasil meraih juara pada lomba masak B2SA adalah menu makanan pagi, siang dan malam untuk keluarga yang terdiri dari bapak, ibu, satu anak remaja dan satu anak balita.

Makanan pagi terdiri dari nasi goreng ubi variasi, acar timun nenas, sate udang kuah cicah, susu kedelai, buah naga dan sawo.

Makanan siang terdiri dari nasi jagung bola, pepes ikan tengiri, bayan serabut tempe, ayam bakar berbalut daun pandan, oseng2 daun pepaya, minuman jeruk kasturi, buah pepaya jambu biji.

Sedangkan makan malam terdiri dari roti jaka labu kuning, kuah kari ikan senangin, mutiara tahu cantik, tumis kacang kristal, sambal terong asam, air kelapa gula merah, susu untuk balita. Semua ini adalah bahan lokal yang artinya ada di daerah Inhil atau yang sering di sebut kearifan lokal.

Menu yang sudah menang ini untuk kedepannya diharapkan bisa dimasyarakatkan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari, terutama bagi daerah yang ada bahan baku ini. Sebab makanan bergizi, berimbang sehat, aman dan terjangkau oleh masyarakat. Menu ini harus di bukukan dan disebarluaskan di Kab.Inhil dan Riau. (re)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PT. Indah Kiat, Arara Abadi Sinarmas Forestry Serahkan 400 Ribu Masker Untuk Masyarakat Riau
  • Pantau Aktifitas Warga, Pelda Suardi Terus Ingatkan Taati Protokol Kesehatan
  • Kembali...Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ajak Warga Patroli Pantau Wilayah Rawan Karlahut
  • Aniaya Imam Masjid Baitul Arsy Pekanbaru, Pelaku DA Miliki Riwayat Penyakit Jiwa
  • Patroli Karlahut Bersama MPA, Babinsa Koramil 09/Minas Himbau Masyarakat Jangan Membakar Lahan
  • Koramil 07/BB Bersama Tim Gabungan Sekat Mudik Lebaran Di Perbatasan Kabupaten
  • Gubri Tinjau Pos Penyekatan, Larangan Mudik di Perbatasan Sumbar-Riau.
  • Larang Mudik Hari Pertama, Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Satu Kali Penerbangan
  • Koramil 11/Pwk Kandis Rapat Bersama Tim Bahas Percepat Penanggulangan Covid 19
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved