Senin, 31/08/20
 
Ternyata Islam Agama Terbesar Kedua di Inggris

Ridwan Alkalam | Internasional
Selasa, 12/09/2017 - 23:56:02 WIB
foto: republika.co.id
TERKAIT:
   
 
JAKARTA (riaueksis.com) - Pada abad ke-18 dan 19 ada sejumlah orang yang masuk Islam berasal dari kelas atas Inggris, termasuk Edward Montagu, putra duta besar untuk Turki. Kelompok besar Muslim pertama di Inggris tiba sekitar 300 tahun yang lalu.

Mereka adalah pelaut yang direkrut di India untuk bekerja di East India Company. Jadi, tidak mengherankan bila komunitas Muslim pertama ditemukan di kota-kota pelabuhan.

Awak kapal juga direkrut dan datang ke Inggris. Banyak dari mereka berasal dari Sylhet yang sekarang menjadi Bangladesh.

Ada catatan Sylhetis yang bekerja di restoran London pada awal tahun 1873. Beberapa pelaut Muslim memutuskan untuk tinggal di Inggris dan meninggalkan kapal mereka tanpa melalui prosedur imigrasi formal.

Gelombang berikutnya imigrasi Muslim ke Inggris mengikuti pembukaan Terusan Suez pada tahun 1869. Berkembangnya perdagangan di Inggris menyebabkan permintaan orang untuk bekerja di pelabuhan dan kapal semakin tinggi.

Sebagian besar imigran ini berasal dari Yaman, mungkin karena Aden adalah pemberhentian pengisian bahan bakar utama untuk kapal antara Inggris dan Far East, dan banyak pelaut kemudian menetap di ko ta-kota pelabuhan Cardiff, Liverpool, South Shields, Hull, dan London. Sekarang ada sekitar 70 ribu hingga 80 ribu orang Yaman yang tinggal di Inggris, yang membentuk kelompok Muslim terbanyak di Inggris.

Contohnya adalah komunitas Yaman Selatan Shields yang terbentuk pada akhir abad ke-19 ketika orang-orang Yaman yang bekerja sebagai pendayung di kapal uap bergerak ke darat dan mendirikan rumah indekos di area dermaga. (ed: erdy nasrul)

Kini Islam adalah agama terbesar kedua disana. Populasi Muslim Inggris pada 2011 mencapai 2.786.635 orang. Jumlah ini lebih banyak 1,55 juta orang bila dibandingkan hasil sensus 2001. (wan)



Dikutip dari: republika.co.id





Berita Lainnya :
 
  • Polri Gandeng Ustaz Das'ad Latif untuk Mendorong Pemilu Damai
  • Tampung aspirasi dan keluhan warga Polda Riau gelar Jumat Curhat bersama warga di Kec Payung Sekaki
  • Tanpa AMDAL, Bahlil Berambisi Menggusur Warga Pulau Rempang Demi Investasi Tiongkok
  • Pasla Eks Kades Pambang Pesisir, Minta Inspektorat Audit Plaksanaan APBDes Dizaman Pemerintahannya
  • Dua Korban Tenggelam di Sungai Indragiri Ditemukan Meninggal Dunia
  • DPRD Riau Sahkan APBD- Perubahan Riau 10,8 Trilyun
  • Komitmen Berantas Mafia Bola, Polri Tetapkan 6 Tersangka Match Fixing Liga 2
  • Diikuti Ratusan Karya, PHR Umumkan Pemenang PENA 2023
  • Dukung Tim Nasional Sepakbola Indonesia ke Pentas Dunia, Indosat Ooredoo Hutchison Tandatangani Kerja Sama dengan PSSI
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved