Senin, 31/08/20
 
Jalin Keakraban dengan Polda Riau, Siap Jaga Situasi Kamtibmas
Himpunan Mahasiswa Papua Riau Siap Dukung Pemerintah Dalam Penanganan COVID-19

Martalena | Nasional
Selasa, 13/10/2020 - 20:04:32 WIB

Pekanbaru,Riaueksis.com - Sebanyak 30 orang mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang berkuliah di beberapa universitas di Riau seperti Universitas Riau dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau melakukan silaturahmi dan makan bersama dengan Polda Riau yang diwakili oleh Kompol Efrinoka selaku Kasubdit 5 Direktorat Intelkam Polda Riau beserta anggota. Pertemuan tersebut berlangsung di Rumah Makan Puti Buana Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru belum lama ini.



Pertemuan tersebut guna mempererat tali silaturahmi antara Polda Riau dengan Mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang sedang menimba ilmu pendidikan di Perguruan Tinggi Pekanbaru, serta mengajak mahasiswa asal Papua dan Papua Barat untuk melakukan suatu kegiatan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan PSBM dan menggalakkan kegiatan 4 M di wilayah Kota Pekanbaru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid -19. 


Mencermati perkembangan pandemi Covid 19 di Provinsi Riau pada 3 bulan terakhir (Juli, Agustus, September) menunjukkan peningkatan angka terkonfirmasi positif secara signifikan dan pada level yang sangat memprihatinkan.


Di sisi lain beredarnya berbagai versi informasi tentang Covid-19 secara masif di media sosial, menjadikan pemahaman masyarakat terhadap pandemi Covid-19 masih beragam bahkan masih banyak yang beranggapan bahwa Pandini Covid-19 merupakan suatu konspirasi.


Hal ini diantara lain disebabkan kurangnya informasi dari pihak berwenang secara komprehensif dan intensif kepada masyarakat sehingga masyarakat kurang mengetahui bahaya akan pandemi Covid-19 itu sendiri. 


Kondisi ini harus menjadi bahan pimikiran bersama dan patut disikapi secara fokus dan serius, sebab tidak hanya menyangkut keselamatan tetapi terkait dengan nyawa manusia. Dampak yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 telah merambah pada semua dimensi kehidupan, kegiatan produksi dan usaha lapangan rakyat terganggu sehingga mengakibatkan kurangnya pendapatan, meningkatnya pengangguran, meningkatnya angka kemiskinan dan menurunnya derajat kesejahteraan masyarakat secara luas. Bahkan berdampak pada sektor pendidikan sehingga dapat berakibat pada keberlangsungan generasi penerus bangsa.


Dengan adanya kepedulian mahasiswa untuk menggalakkan suatu kegiatan kepedulian kesehatan untuk kebersamaan maka diharapkan menjadi contoh dan menyentuh hati masyarakat Kota Pekanbaru akan pentingnya mematuhi Protokol Kesehatan dengan cara 4 M dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 


Direncanakan bentuk kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa asal negeri mutiara hitam ini berupa aksi bagi-bagi masker berharap agar kita bisa saling berbagi untuk kebaikan bersama. 


Selain itu, tim Polda Riau juga menyampaikan agar mahasiswa Papua yang menimba ilmu di Bumi Lancang Kuning ke depannya dapat menciptakan generasi yang mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional di era globalisasi, walaupun semua itu tentu menemui banyak tantangan. 


Dalam menghadapinya, hendaknya terus menekankan untuk senantiasa menanamkan wawasan kebangsaan, agar dapat menangkal ancaman-ancaman yang mungkin hadir dan dapat menghambat kemajuan bangsa dan diharapkan kepada mahasiswa Papua setelah tamat dari Universitas di Riau dapat kembali ke daerah asal serta berkontribusi membangun daerah dengan bidang ilmu yang dimiliki.


Dalam waktu yang bersamaan Wellem, yang merupakan salah satu dari mahasiswa Papua yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Papua Riau (HIMAPARI) mengucapkan terimakasih kepada pihak Polda Riau yang telah melaluangkan waktu dalam rangka menjalin tali persaudaraan dan memberikan perhatian kepada mahasiswa/wi asal Papua dan Papua Barat yang saat ini menimba ilmu di beberapa universitas di Riau dan berharap agar hubungan silaturahmi ini tetap terjaga selamanya dengan mahasiswa asal Papua hingga mahasiswa selanjutnya yang akan datang dan menimba ilmu di bumi Lancang Kuning ini.


Selain itu sebagai mahasiswa yang datang dari tanah Timur maka Himpunan Mahasiswa Papua Riau (HIMAPARI) akan selalu menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan adat istiadat Melayu. Untuk saat ini mahasiswa Papua yang berada di Provinsi Riau telah bisa beradaptasi dengan mahasiswa lokal lainnya walaupun ada terdapat perbedaan cara bahasa dan sebagainya. Itulah yang menandakan bahwa negara Indonesia memiliki beragam adat, suku, budaya, agama dan bahasa.


Himpunan Mahasiswa Papua Riau (HIMAPARI) mendukung Polda Riau dalam menjaga situasi Kamtibmas serta mendukung Pemerintah Provinsi Riau dalam hal memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mungkin dalam hal ini mahasiswa Papua beserta ikatan mahasiswa lokal yang ada di universitas akan melakukan aksi pembagian masker kepada masyarakat Kota Pekanbaru yang kegiatannya dicanangkan akan dilakukan dalam waktu dekat.


Hal ini sebagi bentuk kepedulian mahasiswa kepada masyarakat serta keprihatinan terhadap penyebaran Covid-19 yang semakin hari semakin menyebar.


Dipenghujung kegiatan silaturahmi tersebut Wellem berharap kepada seluruh mahasiswa Papua yang hadir agar ke depannya, mahasiswa asal Papua yang telah menimba ilmu pengetahuan di Riau dapat mengimplikasikan ilmunya di wilayah asal serta dapat memajukan wilayah Papua untuk lebih baik.


Kegiatan silaturahmi tersebut berjalan dengan hangat dan penuh keakraban. Kegiatan yang sama akan diikuti oleh mahasiswa asal Papua untuk ke depannya. Di sesi akhir acara dilakukan foto bersama untuk mengenang kegiatan yang penuh dengan rasa cinta dan damai tersebut.***



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 11/Pwk Kandis Terus Maksimalkan Upaya Pencegahan dan Memutuskan Mata Rantai Covid 19
  • Jaga Keamanan Tahapan Pemilukada, Patroli Rutin Dilaksanakan Babinsa Koramil08/Merbau di Wilayahnya
  • Babinsa Koramil 06/SA Disiplinkan Portkes Ke Warga Pasar Sungai Apit
  • Agung Nugroho: Fraksi Demokrat Lengkap dan Semakin Kuat Perjuangkan Aspirasi Masyarakat
  • Selamat jalan Moralis ,Wartawan Berdedikasi Itu Telah menghadap sang khalik.
  • Babinsa Koramil 11/Pwk Kandis Panta Titik Rawan Karlahut Kampung Sungai Gondang
  • Kembali Babinsa Koramil 11/Pwk Kandis Fasilitasi Internet Gratis Ke Pelajar Kurang Mampu
  • Koramil 08/Merbau Bersama Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi
  • Cegah Penularan Wabah Covid19, Babinsa Koramil 10/Perawang Gelar Patroli Gabungan Pendisiplinan Masyarakat Produktif AmanĀ 
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved