Kamis, 28 Mei 2020
 
Data Situng Memang Tak Sampai 100%, KPU: Sekitar 99-an Persen

Putra | Nasional
Senin, 10/06/2019 - 19:59:23 WIB
RiauEksis.com - Data dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Pemilu 2019 KPU belum mencapai 100% meski penghitungan suara sudah rampung.

"Ya kami kan tetap memaksimalkan, sudah kami upayakan maksimal. Tapi tidak bisa 100 persen, sekitar 99-an persen saja," ujar komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Ilham mengatakan, hal ini dikarenakan adanya kendala di beberapa daerah. Di antaranya seperti Papua dan Papua Barat.

"Dengan pertimbangan-pertimbangan, kondisi di Papua, sinyal dan lain-lain. Misal di Papua dan Papua Barat yang masih banyak bolongnya," kata Ilham. 

Selian itu, Ilham menyebut pihaknya tidak memungkiri adanya kesalahan yang dilakukan Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS). Dia mencontohkan, adanya petugas yang memasukan formulir C1 untuk Situng atau hasil penghitungan suara ke dalam kotak suara. 

"Kemudian kami tidak menutup mata bahwa petugas kami salah mengartikan, bahwa C1 Situng itu salah dimasukkan ke kotak. Nah sehingga kami kemudian harus meminta kepada Bawaslu untuk buka kotak, kemudian setelah di buka baru (discan) dan dimasukin ke dalam Situng," kata Ilham.

Menurut Ilham, hal ini mungkin terjadi karena kurangnya pemahaman petugas. Namun, dia menyebut pihaknya berupaya menyelesaikan input data dalam Situng. 

"Mungkin supervisi kurang, atau pemahaman KPPS kurang, mereka mungkin tidak perhitungkan soal itu. Saya kira kami tetap berupaya untuk menyelesaikan Situng itu, tujuannya untuk database kami," sambungnya. 

Ilham yakin hal ini tidak akan menimbulkan hal negatif dalam Pemilu. Dia juga kembali mengingatkan bahwa data dalam Situng bukan merupakan hasil resmi Pemilu 2019. 

"Tidak, berita negatif apa yang mau dilakukan. Sebab kan sekali lagi, kita sudah disclaimer bahwa ini situng bukan data resmi. Kemudian kami sudah menyatakan bahwa perbaikan-perbaikan terus kita lakukan. C1-nya pun yang discan adalah C1 real dan hasil situng dengan data real atau data manual berjenjang pun tidak beda jauh," tuturnya.****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Patroli Malam Koramil 09/Minas Bersama Tim Gabugan Bubarkan Warga Berkumpul Dan Samapaikan Himbauan Pemerintah
  • Koramil 11/Pwk Kandis Turunkan Tiga Anggotanya Pam di Posko C19 Klinik HMC LIBO
  • Koramil 10/Perawang Bersama Tim Gabungan Terus Pantau Warga di Posko PSBB
  • Babinsa Bersama Tim Gugus Kabupaten Siak Monitoring dan Terima Laporan Tentang Perkembangan Posko Covid Kecamatan
  • Cegah Terjadinya Karlahut Di Wilayah Binaannya, Babinsa Rangkul Perusahaan dan Masyarakat Lakukan Patroli dan Sosialisasi
  • Kelilingi Kecamatan Sungai Apit, Anggota Koramil Bersama Tim Gabungan Lakukan Patroli Cegah Covid 19
  • 27 dan 28 Mei, Matahari Melintas di atas Kabah. Saatnya Benahi Arah Kiblat
  • Hari Pertama Kerja, Sekretariat DPRD Riau Lanjutkan Pekerjaan yang Tertunda
  • Anggota Koramil Minas Terus Menerus Pantau Keluar-Masuk Warga di Posko Cek Poin Minas
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved