Senin, 31/08/20
 
Natal 2022, Enam Orang Narapidana Langsung Bebas 760 Terima Remisi

Derry | Hukum
Minggu, 25/12/2022 - 12:44:11 WIB
760 narapidana nasrani di Riau terima remisi Natal 2022(foto: istimewa)
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,Riaueksis.com - Sebanyak 760 narapidana nasrani yang tersebar di 16 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) termasuk Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Riau hari ini mendapatkan Remisi Khusus (RK) Natal 2022. 

Yakni dengan rinciannya, ada 754 orang yang mendapatkan RK I atau pengurangan masa hukuman sebahagian, dan sisanya 6 orang lagi mendapatkan RK II, yaitu langsung bebas di Hari Natal Tahun 2022 ini. 

“Sampai hari ini jumlah WBP di Riau adalah sebanyak 13.865 orang. Terdapat 1.272 orang yang beragama Nasrani, rinciannya 1.013 berstatus narapidana dan 259 orang tahanan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mhd Jahari Sitepu, Ahad (25/12/22).

Dipaparkan, dari jumlah tersebut yang bisa diusulkan mendapatkan remisi Natal sebanyak 772 orang. Namun, setelah diverifikasi oleh Ditjenpas, disetujui sebanyak 760 orang saja.  

Lanjutnya, syarat napi yang diusulkan remisi adalah telah menjalani masa pidana lebih dari 6 bulan bagi napi dewasa, dan untuk napi anak harus menjalani masa pidana lebih dari 3 bulan. Lalu, harus berkelakuan baik selama menjalani pidana, tidak sedang menjalani hukuman disiplin, dan mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan dengan baik.

"Remisi Natal merupakan hak narapidana yang memenuhi syarat administratif dan substantif sesuai peraturan perundang-undangan. Namun, Remisi bukan sekadar pengurangan masa pidana. Diharapkan juga meningkatkan keimanan dan motivasi bagi narapidana untuk terus memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik,” kata Kakanwil. 

Kanwil juga mengajak untuk belajar dari masa lalu, yang penting niat untuk berubah. Manusia terbaik adalah manusia yang mau belajar dari kesalahannya dan bertekad kuat untuk bertobat. 

“Selamat bagi yang mendapatkan remisi dan selamat Natal bagi seluruh warga binaan dan ASN Kemenkumham Riau yang merayakannya. Semoga kasih natal memberikan kedamaian bagi seluruh umat di dunia,” kata pria asal Sumatera Utara ini.

Diantara 754 orang yang mendapatkan RK I, Rutan Kelas I Pekanbaru menjadi satuan kerja pemasyarakatan yang wargabinaanya paling banyak diberikan remisi, yaitu sebanyak 134 orang. 

Disusul Lapas Kelas IIA Pekanbaru sebanyak 98 orang dan Lapas Kelas IIA Bengkalis sebanyak 93 orang. Begitupun untuk 6 orang napi yang langsung bebas atau penerima RK II, di Rutan Kelas I Pekanbaru ada 2 orang.

Kemudian di Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi ada 1 orang, Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi ada 1 orang, Lapas Narkotika Kelas IIB Rumbai ada 1 orang, dan Rutan Kelas IIB Dumai ada 1 orang. 

Pelaksanaan pemberian remisi di seluruh satuan kerja Kemenkumham Riau berjalan aman dan lancar. Sebelumnya, pada Jumat kemarin seluruh jajaran Pemasyarakatan telah melaksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

“Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh petugas sehingga lapas/rutan/LPKA di Riau berjalan aman dan kondusif. Tetap siaga dan waspada, bekerjalah sesuai aturan yang berlaku. Penuhi seluruh hak-hak warga binaan, perlakukan mereka secara humanis dan anggap seperti keluarga sendiri. Dan yang terpenting : Jangan ada pungli dan jangan ada pemerasan,” sebut Jahari lagi.**



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PHR Hormati Keputusan DPRD Riau Menunda Hearing yang Dihadiri 5 Perwakilan Vendor
  • Ketum SMSI Firdaus Kawal Ekspedisi Danau Toba
  • Permudah Layanan Kependudukan Bupati Siak Lantik 10 Kepala UPTD Kependudukan Catatan Sipil
  • Turunkan Angka "Stunting", BKKBN Riau Berkolaborasi dengan PWI Riau
  • Melawan Petugas Satu dari Lima Pengedar 276 Sabu Jaringan Internasional Tewas di Dor Polisi
  • Pilkades Minta Di Tunda, Tokoh Masyarakat Bantan : Kami Butuh Pemimpin Difinitif
  • Polisi Tanggapi Heboh Video Penculikan di Kulim: Kejadiannya Bukan di Pekanbaru
  • Meriahkan HPN 2023 PWI Riau Gelar Turnamen Domino, untuk Pertama Kali Memakai Aturan Pordi
  • Mediasi Kelurahan Gagal, Ahli Waris H.Husin HDR Segera Tempuh Jalur Hukum
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved