Senin, 31/08/20
 
Tips Penggunaan THR Supaya Tak Jebol

wan | Ekonomi
Minggu, 11/06/2017 - 23:58:49 WIB

TERKAIT:
   
 
JAKARTA (riaueksis.com) - Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima perlu dikelola dengan baik agar tak jebol. Jangan sampai, uang gajian ikut 'dimakan'.

Perencana Keuangan Eko Endarto dalam perbincangannya, mengatakan, THR memang sengaja diberikan setiap perusahaan atau instansi kepada pegawainya sebagai bekal untuk memenuhi kebutuhan di Hari Raya. Sehingga tidak salah jika THR dihabiskan untuk memaksimalkan Hari Raya.

Apalagi beberapa faktor membuat kebutuhan menjelang hari raya cenderung membengkak. Seperti halnya harga bahan pokok, kebutuhan mudik, hingga keperluan berbagi (zakat dan sedekah).

"THR itu berbeda sama bonus jadi memang penggunaan THR memang harus dihabiskan. Karena pada saat Lebaran harga-harga naik dan kebutuhan hidup kita bertambah, karena adanya hari besar. Maka bisa menjaga pengeluaran tidak melebihi THR sudah bagus sekali," ungkap Eko, Minggu (11/06/2017).

Kendati demikian, untuk menghindari pengeluaran agar tidak membludak, maka diakui Eko, sedianya seseorang membatasi pengeluaran sesuai dengan prioritasnya.

"Jadi intinya adalah batasi pengeluaran hanya sampai dengan jumlah THR yang kita dapatkan. Usahakan mengeluarkan sesuai dengan prioritasnya. Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Tergantung dia lebarannya seperti apa," jelasnya.

Namun, jika ingin menghadapi Lebaran dengan tujuan konsumtif, akan lebih baik jika seseorang tidak mengeluarkan melebihi budget dari THR yang diterima. Begitupun pada para pegawai yang menerima THR dan Gaji dalam waktu bersamaan. Dengan demikian kegiatan konsumtif tidak dilakukan melebihi 50% dari gaji dan THR yang diperoleh.

"Karena harapannya, sisa nanti digunakan untuk menghidupi di bulan berikutnya. Karena yang kerap terjadi, THR dan gajian kadang kala disatukan. Bisa jadi waktunya cukup panjang ke gajian pada bulan berikutnya," lanjutnya. (wan)



Dikutip dari: detikfinance.com


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Sadis Balita Tewas dicekik Ibu Kandung di Kampar
  • Dandim Bengkalis dan Wabup Bagus Santoso Sambut Kedatangan Danrem 031 Wira Bima serta Ucapkan Selamat Datang
  • Koramil 05/Rupat Bersama Forkopimcam Laksanakan Safari Ramadhan
  • Pansus LKPJ Gelar Rapat Perdana Bersama Dinas Terkait
  • Sekda Siak, Teken MoU Komitmen Besama Sukseskan Pemilu Serentak 2024.
  • Pimpinan DPRD Riau Prihatin Payung Mesjid Agung An Nur Belum Selesai Sudah Rusak
  • Bupati Alfedri Sambut Tim Safari Ramadan Pemprov Riau di Kecamatan Tualang
  • Pasca Karlahut, Koramil 01/Bengkalis Lakukan Sosialisasi Himbau Warga Jangan Bakar Lahan
  • Bentuk Jati Diri Generasi Muda, Babinsa Koramil 01/Bengkalis Sosialisasi Isi Kandungan Pancasila Kepada Pelajar
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved