Senin, 31/08/20
 
Rangkaian Mengajar Dalam Rangka HUT BI Ke-64
BI Paparkan Materi Bank Central kepada Mahasiswa di Riau

ridwan alkalam | Ekonomi
Jumat, 09/06/2017 - 17:38:21 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU (riaueksis.com) - Bank Indonesia (BI) sebagai bank central negara Republik Indonesia memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. Karena itu BI merasa perlu memperkenalkan lebih jelas mengenai kelembagaan BI dan peran bank sentral bagi suatu negara.

"Generasi muda diharapkan memahami peran BI guna mencapai perkembangan ekonomi berkelanjutan. Diharapkan kepada generasi muda memahami tentang ke-Bank Centralan, terutama yang berkecimpung di bidang ekonomi, hukum, politik atau lainnya," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara, usai  memberi Kuliah umum dalam rangka HUT BI ke-64 di kampus Fisip Universitas Riau, Pekanbaru, Jumat (9/6/2017).

Kuliah umum yang diikuti sekitar 400 mahasiswa dari berbagai Perguruan tinggi negeri di Pekanbaru ini turut hadir Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi, Kepala Kantor BI Riau Siti Astiyah, para Dekan, Dosen, UIN, UIR UMRI dan lainnya.

Dalam materinya, Mirza menjelaskan, dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, BI selalu menjaga kestabilan nilai rupiah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga harga jangan naik atau kalau naikpun tetap terukur (terjaga).

Selanjutnya menjaga angka inflasi supaya tidak sampai tinggi atau inflasi harus diupayakan rendah dan stabil. 

Langkahnya, BI menganalisa data yang diperoleh bersama sekitar 500 team di seluruh Indonesia, yang tergabung dalam Team Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Makanya BI menjaga stabilas dengan data, analisis dan konfirmasi.  Jikapun terjadi gejolak kurs, Bank Indonesia bisa menggunakan cadangan devisa.

Begitu pentingnya pemahaman tentang peran BI sebagai Bank Central Indonesia, Mirza menawarkan kerjasama dengan perguruan tinggi di Indonesia membuat mata kluiah khusus Bank Central. "Kita siap bantu training dosen-dosennya," janji Mirza sembari menambahkan, saat ini BI sudah kerjasama dengan 70 universitas di Indonesia, dengan masa pelatihan selama 2 kali dalam setahun. 

Sementara itu, Rektor Universitas Riau Prof Dr Ir Aras Mulyadi dalam sambutannya mengatakan, atas nama tuan rumah mengucapkan terimakasih, atas gelaran acara. Diharapkan kegiatan ini dapat menambah dinamika, pengetahuan, pola pikir cakrawala bagi kalangan akadesimisi serta mahasiswa.

Kegiatan juga diisi penyerahan secara simbolis beasiswa BI kepada UNRI da UIN yg diwakili mahasiswa penerima beasiswa BI (GenBI). (Wan)







Berita Lainnya :
 
  • International Women Day, PHR Kedepankan Inklusi Bagi Perempuan dalam Berkarya
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved