Senin, 31/08/20
 
Gagal Menjadi Pelaut Yesias Sukses Menjadi Bos IOH & Raih Penghargaan

Derry | Ekonomi
Jumat, 24/02/2023 - 23:48:02 WIB
Yesias Petrus Boeboe, SVP-District Operational Head Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison (foto: istimewa)
TERKAIT:
   
 
MEDAN,Riaueksis.com – Perjalanan hidup seseorang memang tidak tertebak. Terkadang cita-cita masa kecil justru membawa seseorang ke puncak bukit kehidupan yang lain. Itulah yang Yesias Petrus Boeboe rasakan dalam lika liku perjalanan karirnya hingga akhirnya menduduki jabatan SVP - District Operational Head of Sumatera Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).Berawal dari keinginannya menjadi seorang pelaut. Yesias terinspirasi jejak sang ayah,  seorang pelaut.

“Sejak kecil saya mencintai lautan karena Ayah sering membawa saya naik  kapal laut. Tetapi ternyata usaha saya untuk menjadi pelaut tidak terjadi karena gagal masuk  Akademi Ilmu Pelayaran. Akhirnya saya mencoba bidang lain”, ucap Yesias sambil mengenang masa lalunya.

Meski impian jadi pelaut tidak menjadi kenyataan, Yesias tidak patah semangat dan tetap meneruskan pendidikannya di Universitas Kristen Indonesia (UKI) jurusan Ekonomi. Karir pertamanya di Bank bertahan hanya di tahun pertama saja, karena pekerjaan di ‘belakang meja’ tidak sesuai dengan minatnya.

“Saya ingin bertemu banyak orang dan bisa berpetualang. Akhirnya saya putuskan keluar dari perbankan dan masuk dunia telekomunikasi sebagai merchandiser. Tentu saya mendapat pertentangan dari keluarga perihal penurunan pendapatan, tapi saya menikmati
pekerjaan saya. Saya bisa belajar banyak hal mulai dari manajerial hingga operasional”, ucap  pria blasteran Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, India dan Portugis.

Karirnya pun semakin menanjak. Berkat kepiawaian dan keinginan besar untuk belajar,  ia mendapat jabatan Supervisor, Assistant Coordinator, hingga Area Coordinator wilayah Jabotabek. Namun, saat 5 bulan sebagai Area Coordinator, Yesias mulai dilirik untuk  bergabung ke perusahaan Telco baru yaitu Tri tahun 2007.

“Awalnya saya ragu karena saya tidak punya cukup informasi mengenai Tri, terlebih saat itu akses internet selular terbatas. Tetapi setelah melihat promosi Tri yang cukup gencar di TV, akhirnya saya putuskan bergabung di bulan Juli tahun yang sama sebagai Promotion  Marketing Supervisor di Jakarta Pusat”, ujar pria yang ingin bekerja di pelabuhan ini.

Yesias merupakan tipe pekerja yang tidak mengejar jabatan. Dia berusaha untuk bekerja
 yang terbaik setiap harinya dan baginya posisi atau jabatan akan  mengikuti. Ia memilih fokus di bidang penjualan dan pemasaran, mengikuti jejak sang Ibu  yang piawai di bidang bisnis. Terbukti keuletannya membuahkan prestasi cemerlang yaitu  dua kali terpilih sebagai Supervisor Terbaik dan Manager Terbaik.

Tidak berhenti sampai disitu, pria yang sudah 16 tahun berkarir di telekomunikasi ini terus mengembangkan potensinya di tempat baru yaitu regional Sumatera sebagai District Operational Head (DOH). Yesias menjadi DOH termuda di IOH dan merasa beruntung  ditempatkan di Sumatera.

Perjuangan Yesias di Sumatera tidaklah sia-sia. Ia berhasil menorehkan prestasi sebagai  Best District Operation Head & Best 3ID District di ajang tahunan Kick Off Sales Meeting 
Indosat Ooredoo Hutchison di Bali, Januari lalu.

“Tim saya di Sumatera memiliki militansi yang tinggi dan kami memiliki keterikatan emosional 
seperti saudara. Dulu pencapaian region Sumatera kurang baik, tapi karena kerja keras tim, akhirnya Sumatera berhasil menjadi juara nasional dari aspek penjualan”, ucapnya bangga.

Yesias bersyukur dengan adanya merger IOH, semakin banyak penambahan sites di 
Sumatera. Ia dan tim Sumatera kemudian membuat skema penjualan yang lebih menyentuh 
ke area rural yang belum terjangkau Tri. Sesuai dengan visi dan misi IOH, Tri ingin menjadi  provider yang memberikan pelayanan digital dan menghubungkan Indonesia.

“Strategi penjualan Tri tahun ini ialah fokus ke 1.300 desa dari 25.000 desa di Sumatera  dengan pendapatan rata-rata di bawah 25 juta. 75% kami masih menggunakan conventional 
selling, selebihnya kami akan gunakan kekuatan sosial media untuk menambah brand 
awareness Tri”, ucap pria yang punya prinsip selalu rendah hati.

Harapannya sebagai District Operation Head Sumatera, Yesias ingin kesejahteraan timnya di 
Sumatera lebih baik lagi, terutama di level Supervisor yang sudah bekerja keras melampaui  objektif perusahaan. Ia juga membagikan tips bagi para pejuang revenue untuk tidak takut 
terhadap target yang diberikan perusahaan.

“Sebagai orang operation & sales, fokus pada proses untuk mengejar angka diatas target.  Dengan sikap seperti ini, kita akan melakukan perbedaan. Kerja keras pasti membuahkan hasil yang terbaik” ucap Yesias, si anak bungsu calon pelaut peraih banyak prestasi.**







Berita Lainnya :
 
  • Dewan Kehormatan PWI Kaltim Menolak Dilantik oleh Hendry Ch. Bangun
  • Program Penguatan Vokasi PHR Membuka Asa Muhammad Nizam Merajut Sukses
  • Malam Puncak HPN dan HUT PWI, Gubernur, Bupati dan Perusahaan Mitra Terima Award
  • Indosat Business Hadirkan Smart Internet, Platform Digital Cerdas yang Aman dan Terintegrasi untuk Akselerasi Bisnis Multisektoral
  • Jalankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, PHR Dorong Mitra Kerja Komitmen Terhadap Anti Korupsi
  • Polsek Bagan Sinembah Gagalkan Upaya Penyelundupan 5 Kg Ganja
  • Puncak HPN 2024 Tingkat Provinsi Riau, Bupati Kuansing Suhardiman Akan Bangun Gedung Wartawan
  • Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2029 Ditutup, 137 Orang Mendaftar
  • IM3 Lanjutkan Optimalisasi Jaringan di Kota Pekanbaru dengan Jangkauan yang Semakin Luas dan Stabil
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved