Senin, 31/08/20
 
Uang Rupiah Emisi 2022 Ramah Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra, Ada Kode Khusus

Derry | Ekonomi
Kamis, 18/08/2022 - 20:28:31 WIB
Foto: dok BI
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,Riaueksis.com - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau, Muhammad Nur menyampaikan bahwa diluncurkannya uang rupiah kertas tahun emisi 2022 juga dimaksudkan untuk membantu para saudara penyandang disabilitas tunanetra.

Muhammad Nur menyebutkan, melalui uang tahun emisi 2022 nantinya tunanetra akan dapat lebih muda mengenali uang dengan lebih baik. 

Yaitu dengan adanya kode bagi tunanetra berupa garis dengan jumlah tertentu pada sisi kanan dan kiri bagian depan uang. Sehingga akan lebih mempermudah bagi difabel untuk mengenalinya.

"Pencetakan tahun emisi ini juga kita maksudkan adalah untuk membantu para saudara-saudara kita yang penyandang tunanetra," ucapnya, dalam peluncuran uang rupiah tahun emisi 2022, di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (18/8/22).

Selain itu Kepala BI Riau menyebutkan bahwa ukuran uang tahun emisi 2022 ini juga berbeda. sehingga penyandang tunanetra juga akan dapat mengidentifikasikan rupiah kertas tahun emisi 2022 dengan cara meraba bagian tertentu pada uangnya.

Jadi sebutnya, dengan cara meraba saja saudara-saudara khususnya nanti yang tunanetra ini akan lebih bisa membedakan antara uang pecahan Rp 100.000 dengan uang kertas pecahan lainnya.

"Ini akan lebih memudahkan di dalam rangka kita untuk mengenali uang rupiah terutama saudara kita yang disabilitas," tuturnya.

Muhammad Nur menambahkan, pengeluaran uang rupiah kertas tahun 2022 ini juga dilakukan dan ditetapkan oleh Bank Indonesia ditempatkan dalam lembar Negara Republik Indonesia serta diumumkan melalui media massa.

Ia menjelaskan, uang Rupiah 2022 mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah pada tanggal 17 Agustus 2022. Selanjutnya, seluruh uang rupiah kertas maupun logam yang telah dikeluarkan sebelumnya dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran.

"Jadi bapak ibu sekalian bukan berarti dengan tahun emisi  2022 maka uang tahun yang sebelumnya sudah tidak berlaku lagi, tidak demikian," ucapnya.

"Jadi tetap berlaku saat ini, uang emisi ini merupakan uang biasa dan ini memang secara rutin dilakukan oleh Bank Indonesia atas dasar evaluasi yang kita lakukan kepada seluruh lapisan masyarakat kepada seluruh stakeholder Bank Indonesia," tutupnya. **

Sumber:Mediacenter Riau





comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PHR Hormati Keputusan DPRD Riau Menunda Hearing yang Dihadiri 5 Perwakilan Vendor
  • Ketum SMSI Firdaus Kawal Ekspedisi Danau Toba
  • Permudah Layanan Kependudukan Bupati Siak Lantik 10 Kepala UPTD Kependudukan Catatan Sipil
  • Turunkan Angka "Stunting", BKKBN Riau Berkolaborasi dengan PWI Riau
  • Melawan Petugas Satu dari Lima Pengedar 276 Sabu Jaringan Internasional Tewas di Dor Polisi
  • Pilkades Minta Di Tunda, Tokoh Masyarakat Bantan : Kami Butuh Pemimpin Difinitif
  • Polisi Tanggapi Heboh Video Penculikan di Kulim: Kejadiannya Bukan di Pekanbaru
  • Meriahkan HPN 2023 PWI Riau Gelar Turnamen Domino, untuk Pertama Kali Memakai Aturan Pordi
  • Mediasi Kelurahan Gagal, Ahli Waris H.Husin HDR Segera Tempuh Jalur Hukum
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved