Senin, 31/08/20
 
Advertorial Pemkab Rohul
Koordinator Sarankan BUMDes di Rohul Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA 2016

mu | Advertorial
Senin, 11/01/2016 - 21:42:33 WIB
Bupati Rohul Achmad resmikan BUMdes
TERKAIT:
   
 
Pasir Pangaraian (RiauEksis.Com) - Koordinator Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Syamzaimar menyarankan ke seluruh BUMDes atau BUM Desa agar lebih meningkatkan daya saing dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diterapkan tahun ini, 2016.

Menurutnya, dalam meningkatkan kualitas SDM menghadapi pasar bebas, Koordinator BUMDes Rohul mengajukan ke Bupati Rohul Achmad, agar dilaksanakan workshop mengenai teknologi terbaru.

"Semoga pengajuan untuk workshop ini diterima (Bupati Achmad)," ujar Syamzaimar ditemui di kantornya, Senin (11/1/16).

Ia mengungkapkan di Kabupaten Rohul sudah berdiri 142 BUMDes dari 142 desa dan 6 kelurahan yang ada. Sedangkan di 11 desa lagi baru berdiri Unit Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP).

Syamzaimar menambahkan, 142 BUMDes di Rohul bergerak di sektor simpan pinjam, kredit barang, penjualan gas elpiji, transaksi online, jasa angkutan, pasar desa, dan sektor lain.

Diakuinya, sektor simpan pinjam paling potensial dalam menghadapi MEA, sebab animo masyarakat cukup besar. Hingga kini, sudah sekira 2.000 Kepala Keluarga(KK) mengajukan pinjaman ke BUMDes.

Namun, dari 2.000 KK yang mengajukan pinjaman, BUMDes belum bisa mengakomodir seluruh pengajuan pinjaman, sebab masih kekurangan dana sekira Rp 33 miliar.

Dari itu, sambung Syamzaimar, Koordinator BUMDes Rohul menggandeng pihak Perbankan, termasuk menggalakan Gerakan Menyimpan di BUMDes kepada kalangan pelajar Rp 1.000 per minggu, dan untuk para aparat desa dipotong gaji 20 persen.

"Ini strategi kita dalam mencari dana untuk BUMDes. Kerjasama dengan bank, dan galakan Gemar Menabung di BUMDes," jelasnya.

Terlepas itu, Syamzaimar mengimbau kepada seluruh usaha lokal lebih kembangkan wawasan, sebab pelaku usaha dari luar daerah telah menyiapkan strategi-strategi untuk bersaing dengan pelaku usaha lokal. (adv/hms/rec)






Berita Lainnya :
 
  • Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
  • Ditresnarkoba Polda Riau Gerebek Rumah di Pangeran Hidayat Pekanbaru, Puluhan Butir Pil Extasi di Amankan
  • Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil
  • Bupati Bengkalis Serahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 ke BPK RI Riau
  • PT SPR Serahkan Laporan Tahunan Tatakelola Informasi Publik ke KI Riau
  • Ditresnarkoba Polda Riau Gagalkan Penyelundupan Narkoba Senilai Rp32 Miliar
  • SMSI Riau Gelar Buka Puasa Bersama, Luna: Mari Terus Kita Rajut Kekompakkan
  • Penuh Berkah, Pj Gubri dan Bupati Kasmarni Safari Ramadhan di Kecamatan Pinggir
  • Gerakan Earth Hour, 'Malam Minggu' Gelap Gulita di Perumahan PHR
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved