Senin, 31/08/20
 
Basrie Kamba Nakhodai BPD Asosiasi pertekstilan Indonesia(API) Riau.

Len | Riau
Jumat, 27/08/2021 - 17:02:06 WIB
Pekanbaru, Riaueksis.com - Setelah sempat tertunda beberapa kali Mubes DPD API Riau akhirnya terlaksana dan dibuka langsung oleh Kadisperindagkop dan UKM Provinsi Riau, Asrizal Jumat (27/8). Pada Saat itu, Basrie Kamba resmi menahkodai Badan Perwakilan Daerah (BPD) Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Riau periode 2021-2026.

Dalam sambutannya, Basrie menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta yang hadir atas dorongan dan dukungan untuk dirinya memimpin API Riau yang baru direaktivasi ini.

"Mudah-mudahan kita semua bisa benar-benar membangkitkan kembali industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) di bumi melayu ini yang sudah cukup eksis sejak tahun 1980 an. Saya tidak akan ragu sedikitpun bahwa API Riau bisa mewujudkan mimpi tersebut, namun tentunya saya tidak bisa sendiri dan harus diwujudkan bersama," ujar Basrie Kamba, Jumat (27/8/2021).

Basrie mengatakan ini adalah sebuah perjalanan panjang. Hari ini adalah baru tapak awal, langkah yang sangat kecil untuk melakukan sebuah perjalanan.

"Saya menyaksikan banyak BPD-BPD API yang ada baik di Jawa maupun di daerah lain itu hidup mati, ada namun sebenarnya tiada. Dan apakah nantinya perjalanan asosiasi kita ini panjang, berliku, naik turun, kita akan lewati bersama. Saya yakin ibu-ibu yang akan memberikan semangat yang cukup besar kepada jalannya asosiasi ini. Karena saya lihat banyak ibu-ibu disini yang pashionnya itu terhadap industri dan bisnis yang cukup besar di negara kita ini. Dan itulah alasan saya mau menjadi ketua," jelasnya.

Tambah Basrie, Asosiasi ini bukan hanya sekedar pengurus namun mimpi bersama. Tidak hanya bermanfaat bagi anggota BPD API Riau, tetapi juga bagi semua Industri Kecil Menengah (IKM).

"Mimpi saya adalah nantinya akan banyak konveksi-konveksi di Riau. Apalagi kita dekat dengan negara Jiran. Karena kalau berbicara masalah potensi, kita punya pasar yang cukup besar dan dekat. Kemudian kita juga punya designer anak muda Riau. Saya yakin banyak sekali. Itulah kita nanti mencoba mengkoneksikan anak-anak muda ini termasuk anak Riau yang ada di luar. Itu tugas saya dan pengurus untuk membantunya," ungkap Basrie yang saat ini menjabat sebagai Direktur PT Asia Pasific Rayon (APR).

Potensi yang lain, lanjut Basrie, pemerintah saat ini juga mendukung tekstil ini menjadi industri prioritas. Jika disebutkan prioritas tentu ini akan ada dananya, kegiatan dan seterusnya. "Dan mungin tahun ini juga akan diumumkan bahwa Indoensia ingin menjadi pusat pakai muslim di dunia. Dukungan pemerintah ini adalah potensi besar bagi kita," jelasnya.

Dijelaskan Basrie, pengurus API Riau yang akan dibentuk nantinya memiliki 3 tugas utama. Yang pertama adalah menyusun program sesuai dengan potensi dan tantangan yang ada di Riau.

"Itu yang pertama. Kita nggak mau muluk," ucap Basrie.

Untuk yang kedua, progam kerja yang dibuat nantinya harus bisa memberikan kontribusi dari TPT Riau ke nasional.

"Karena tadi saya katakan Provinsi Riau ini cukup banyak potensinya, baik budayanya, ataupun kedekatan geografisnya. Cuman kan kendalanya itu tadi bahan bakunya, kemudian juga jarang dan sulit didapat dan harganya juga tinggi, selanjutnya adalah yang mereka butuhkan juga tak ada di pasar," ucapnya.

"Nah ini tentu tak mudah bagi pengurus yang baru, namun dengan konektifitas dengan yang lain, saya kira ini akan mempermudah. Karena kita tak bisa sendiri, semua harus bersama-sama," imbuhnya.

Selanjutnya program ketiga adalah bagaimana kemitraan dengan Pemda. "Dalam waktu dekat setelah pengurus terbentuk, kami akan audiensi dengan gubernur," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Provinsi Riau Asrizal yang membuka Musprov mengatakan Riau mempunyai potensi besar dalam dunia pertekstilan.

"Saya kebetulan kemarin itu ada kunjungan kerja ke Pelalawan. Dari penjelasan yang disampaikan, kedepan kita akan menjadi produk rayon terbesar di Asia. Tentunya potensi ini sangat besar dimiliki oleh Riau. Jadi dengan reaktivasi pengurus ini dapat mendongkrak perekonomian atau menghidupkan tekstil di Provinsi Riau," ujar Asrizal, Jumat (27/8/2021).

Dikatakan Asrizal, kalau melihat sejarah, tekstil Riau ini juga sama nasibnya dengan di Jawa.

"Kenapa demikian? Kalau kita lihat batik Riau itu sama dengan batik Jawa sama munculnya, yakni di era tahun 1850 an. Tenun juga sama, namun di Jawa berkembang, di kita tidak. Kenapa demikian? Karena bahan bakunya tadi. Dan hari ini tantangan bagi kita adalah bahan bakunya ada, namun bagaimana kita bisa memanfaatkan itu dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.(lin)

comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Tampil Menyakinkan Skuad Garuda Indonesia Unggul 2-0 Atas Nepal
  • Pemko Pekanbaru Berharap Investor Segera Tuntaskan Pembangunan Pasar Induk
  • Pengamat Politik UMRI Aidil Haris : Bupati Kuansing non aktif Andi Putra "Baru Beberapa Bulan Menjabat Sudah Berkasus"
  • Gubri Syamsuar Dukung Pemerintah Daerah Yang Mempertahankan Lahan Untuk Tanam Padi
  • Patroli Karlahut Rutin Babinsa Koramil 12/Sabak Auh Upaya Mencegah Terjadinya Kebakaran Wilayah Binaan
  • Bersama DISHUB dan Polri, Babinsa Koramil 07/BB Pantau Penerapan Prokes Penumpang Roro Sei Selari
  • Anas Makmun Dan Suparman segera diperiksa KPK sebagai tersangka dan saksi dugaan suap APBD-P Riau 2014 dan APBD Riau 2015
  • Dua Sekolah Swasta Ditutup Disdik Kota Pekanbaru Karena langgar PTM
  • Polres Indragiri Hulu Tangkap Pelaku Curanmor di Rumah Mertua
  •  
     
     
    Senin, 29/08/2016 - 19:36:49 WIB
    Rupanya Seperti Ini Cara Tes Keperawanan Calon Polwan, Duh Ngerinya..
    Senin, 13/03/2017 - 15:36:31 WIB
    Tepung Sagu Dapat Sembuhkan Sakit Maag...Ini Resep dan Cara Membuatnya
    Rabu, 03/10/2018 - 09:07:42 WIB
    Sandiaga Uno Berpendapat Ratna Sarumpaet Dalam Keadaan Diancam
    Jumat, 22/10/2021 - 16:29:53 WIB
    Tampil Menyakinkan Skuad Garuda Indonesia Unggul 2-0 Atas Nepal
    Selasa, 17/07/2018 - 20:42:25 WIB
    Arsene Wenger: Saya Menyesal Telah Mengorbankan Segala Yang Saya Lakukan
    Selasa, 24/07/2018 - 15:26:53 WIB
    Lionel Messi Gabung Inter Milan Susul Christiano Ronaldo Ke Seri A?
    Jumat, 12/10/2018 - 20:27:48 WIB
    Pengemudi Taksi Online Ini Buat Dinding Anti Begal
    Minggu, 22/03/2020 - 22:09:21 WIB
    WHO Tegaskan Chloroquine Obat COVID-19 Adalah Hoax
    Selasa, 06/12/2016 - 19:15:37 WIB
    Indonesia Istimewa
    Kapal Kargo Star 50 Buatan Indonesia Ini Menjadi Primadona Bagi Pasar Internasional
    Rabu, 18/08/2021 - 11:08:40 WIB
    The Minions Bakal Dipecah, Berikut Kandidat Terkuat Untuk Kevin Sanjaya
    Sabtu, 04/09/2021 - 17:24:27 WIB
    Bagus Kahfi Kembali Mengejutakan Media Asing Dengan Menbawa Kemenang Bagi Jong Utrecht
    Kamis, 04/01/2018 - 18:37:13 WIB
    Pertarungan Jumiati Melawan Harimau di Sebuah Perkebunan Sawit di Riau...Sebelum Tewas, Leher Belakangnya Dicengkeram, Setelah Itu Pahanya Dimakan
    Rabu, 25/01/2017 - 00:37:58 WIB
    Inilah Nama 11 Raja Yang Pernah Bertahta di Kerajaan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau
    Rabu, 04/01/2017 - 13:09:56 WIB
    Malaysia dan Indonesia Berlomba Dalam Membuat Pesawat Tempur
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved