Senin, 31/08/20
 
Pemerintah Dorong Generasi Muda Promosikan Indonesia Jadi Pusat Ekowisata Dunia

Len | Riau
Minggu, 22/08/2021 - 23:15:18 WIB
Pekanbaru,Riau eksis.com - Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendorong generasi muda tanah air untuk sama-sama menjaga, merawat, melestarikan dan mempromosikan keindahan tanah air dengan penerapan konsep ekowisata yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi saat ini dan masa depan.

Generasi muda Indonesia harus paham bahwa lingkungan yang terjaga akan menjadi aset terbaik bagi pariwisata Indonesia. Terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini yang akan mempercepat tujuan pariwisata Indonesia ke depan yakni pariwisata yang kualitas dan berkelanjutan. Tidak lagi mengedepankan kuantitas, tapi kualitas. 

“Kita ketahui ekowisata memiliki prospek ke depan, dimana destinasi dan atraksi wisata akan mengarah kepada konsep Nature, Eco, Wellness, dan Adventure (NEWA). Saya mengajak generasi muda untuk menginformasikan ke seluruh dunia tentang 'Wonderful Indonesia' melalui berbagai kanal komunikasi yang pada akhirnya menjadikan Indonesia dikenal sebagai pusat ecotourism (ekowisata) dunia,” kata Menparekraf Sandiaga, dikutip melalui keterangan resminya, Minggu (12/8/2021). 

Pengembangan ekowisata memiliki rumus 3P, yaitu mempertimbangkan planet (alam), people (manusia) dan prosperity (kesejahteraan) yang artinya setiap manusia perlu merawat dan menjaga keindahan alam dan budaya disamping nilai ekonomis yang akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Kemenparekraf sedang melakukan persiapan pemulihan secara maksimal dan menyeluruh (360 derajat). Karena pariwisata tentu tidak hanya perlu dibangun dari sisi infrastruktur, tetapi juga berbagai aspek lainnya sehingga dapat menghadirkan pengalaman wisata yang berkualitas dan berkelanjutan bagi wisatawan.

“Kita harapkan pascapandemi nanti, keterlibatan wisatawan akan banyak berkegiatan di alam terbuka (outdoor), agar menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan kelestarian lingkungan saat berwisata," tukasnya. 

Terpisah, Kabid Pengembangan Sumberdaya Pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Ridho Adriansyah, menyebutkan, Riau memiliki sejumlah ekowisata diantatanya, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasim di Siak, Hutan mangrove Pantai Solop Indragiri Hilir, Desa wisata Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal Indragiri Hulu, Hutan mangrove Dumai, dan Bukit Rimbang Baling di Kabupaten Kampar. 

Saat ini pemerintah provinsi Riau terus mendorong transformasi digitalisasi untuk mengembangkan parekraf dalam menghadapi pandemi COVID-19 agar tetap tumbuh dan dapat diandalkan guna menghadapi pandemi virus corona.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, pihaknya telah memberikan pelatihan transformasi digital, kepada generasi muda khususnya pelaku Parekraf. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan kreatifitas melalui transformasi digitalisasi di masa era kebiasaan baru (New Normal).

Menurutnya, transformasi digitalisasi salah satu upaya yang didorong pemerintah agar sektor ini tetap tumbuh dan diandalkan. Pergeseran model bisnis dalam ekonomi kreatif diharapkan mampu menjadi peluang dalam kontribusi ekonomi kreatif yang lebih besar. 

Ridho menjelaskan, Dispar Riau telah melatih 80 peserta pelaku parekraf di sekitar objek wisata di 4 kabupaten/kota. Kemudian, kegiatan pelatihan juga bakal digelar di 6 lokasi berbeda, di sekitar objek wisata yang tersebar di 6 kabupaten/kota di Riau, dengan melibatkan 120 orang peserta. 

"Dari 10 objek wista yang dipilih, ada 3 destinasi ekowisata yang dipakai sebagai lokasi pelatihan digital ini, yakni ekowisata mangrove di Siak dan Kepulauan Meranti, juga ekowisata Air Panas Pawon, di Rokan Hulu,"  kata Ridho, ketika di wawancara, pada Minggu (22/8) di Pekanbaru. 

Selain transformasi digitalisasi, pelatihan itu juga memberikan materi sosialisasi panduan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety  and  Environmental Sustainability (CHSE), panduan protokol kesehatan bagi masyarakat, dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Ia mengatakan, bahwa antusiasme para peserta yang telah mengikuti pelatihan digital itu cukup tinggi. Lantaran pihaknya melibatkan narasumber berkompeten, praktisi digital dari media siber nasional. 

"Kami berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan kelestarian lingkungan saat berwisata dan mempercepat tujuan pariwisata Indonesia ke depan yakni pariwisata yang kualitas dan berkelanjutan," tandas Ridho.(len)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Monitor Pelaksanaan Vaksin, Dandim 0303/Bengkalis Ajak Warga Sukseskan Program Serbuan Vaksinasi
  • BAHAYA !! Krisis Energi Di Negara China Makin Kacau
  • Upaya Bangkit The Minions Membuahkan Hasil Bagi Tim Thomas Cup Indonesia
  • Laksanakan Patroli Karlahut Bersama, Sertu Susiawan Himbau Masyarakat Jangan Membakar Lahan
  • Babinsa Koramil 01/Bengkalis Hadiri Seleksi MTQ Di Desa Suka Maju
  • Kabur Dari Karantina, Setelah Pulang Dari Luar Negeri , Rachel Vennya Tuai Hujatan Publik
  • Lama tidak Keluar kamar, Pegawai Hotel Temukan Mayat di Leher Ada Bekas Luka.
  • Indonesia Kembali Bertemu Dengan Malaysia Dalam Piala Thomas Cup
  • Satpol PP razia tempat pijat plus-plus terjaring 9 wanita diamankan
  •  
     
     
    Senin, 29/08/2016 - 19:36:49 WIB
    Rupanya Seperti Ini Cara Tes Keperawanan Calon Polwan, Duh Ngerinya..
    Senin, 13/03/2017 - 15:36:31 WIB
    Tepung Sagu Dapat Sembuhkan Sakit Maag...Ini Resep dan Cara Membuatnya
    Rabu, 03/10/2018 - 09:07:42 WIB
    Sandiaga Uno Berpendapat Ratna Sarumpaet Dalam Keadaan Diancam
    Selasa, 17/07/2018 - 20:42:25 WIB
    Arsene Wenger: Saya Menyesal Telah Mengorbankan Segala Yang Saya Lakukan
    Selasa, 24/07/2018 - 15:26:53 WIB
    Lionel Messi Gabung Inter Milan Susul Christiano Ronaldo Ke Seri A?
    Minggu, 22/03/2020 - 22:09:21 WIB
    WHO Tegaskan Chloroquine Obat COVID-19 Adalah Hoax
    Jumat, 12/10/2018 - 20:27:48 WIB
    Pengemudi Taksi Online Ini Buat Dinding Anti Begal
    Selasa, 06/12/2016 - 19:15:37 WIB
    Indonesia Istimewa
    Kapal Kargo Star 50 Buatan Indonesia Ini Menjadi Primadona Bagi Pasar Internasional
    Rabu, 18/08/2021 - 11:08:40 WIB
    The Minions Bakal Dipecah, Berikut Kandidat Terkuat Untuk Kevin Sanjaya
    Sabtu, 04/09/2021 - 17:24:27 WIB
    Bagus Kahfi Kembali Mengejutakan Media Asing Dengan Menbawa Kemenang Bagi Jong Utrecht
    Kamis, 04/01/2018 - 18:37:13 WIB
    Pertarungan Jumiati Melawan Harimau di Sebuah Perkebunan Sawit di Riau...Sebelum Tewas, Leher Belakangnya Dicengkeram, Setelah Itu Pahanya Dimakan
    Rabu, 25/01/2017 - 00:37:58 WIB
    Inilah Nama 11 Raja Yang Pernah Bertahta di Kerajaan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau
    Rabu, 04/01/2017 - 13:09:56 WIB
    Malaysia dan Indonesia Berlomba Dalam Membuat Pesawat Tempur
    Jumat, 05/07/2019 - 09:04:52 WIB
    Pemilik Akun Penghina Joko Widodo Telah Berkali Diiingatkan Suami Dan Teman
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved