Senin, 31/08/20
 
Antisipasi Lonjakan Covid-19 Selama Libur Idul Fitri, Seluruh Kepala Daerah Diminta Waspada

Martalena | Riau
Kamis, 29/04/2021 - 21:59:42 WIB
Pekanbaru,Riaueksis.com-Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski menyampaikan berdasarkan instruksi Presiden RI, Joko Widodo dalam pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia Tahun 2021 secara virtual, ia kembali mengingatkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk waspada terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di setiap daerah pada libur Idul Fitri mendatang.

Chairul Riski mengungkapkan, Presiden mencontohkan perkembangan Covid-19 di India yang semakin meningkat, untuk itu ia perlu mengingatkan Pemda menjelang masuknya Hari Raya Idul Fitri untuk terus waspada.


Ia menjelaskan, India pada bulan Oktober-Januari berhasil melandaikan kurvanya dan bahkan di bulan Januari Pemerintah Indonesia bertanya pada Menteri Kesehatan India bagaimana kuncinya yaitu micro lockdown sehingga diadopsi di Indonesia menjadi PPKM skala mikro. 

"Saat itu India berhasil menurunkan sampai ke 10.000 kasus per hari, tetapi kita tahu hari ini terjadi sebuah lonjakan yang sangat eksponensial di India menjadi 350.000 kasus aktif per hari, ini yang menjadi kehati-hatian kita semuanya, hati-hati dengan perkembangan yang ada di India dan juga tidak hanya di India, ada di Turki kemudian ada di Brazil dan beberapa di uni Eropa, hati-hati," ujarnya di Pekanbaru, Kamis (29/4/2021).

Kemudian menurut Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hulu (Inhu) ini, Jokowi juga meminta sekecil apapun kasus aktif yang ada di provinsi, di kabupaten/kota, Pemda diminta tidak kehilangan kewaspadaan.


Pemda juga diminta untuk terus mengikuti angka-angka perkembangan kasus Covid-19, mengikuti kurva hariannya, begitu naik sedikit segerakan untuk ditekan kembali, agar terus menurun.

"Hati-hati dengan yang namanya libur panjang, kita ini mau libur panjang Idul Fitri, ingat tahun lalu ada empat libur panjang yang kenaikannya sangat melompat," sebutnya.

Riski mengungkapkan, pada libur Idul Fitri tahun lalu di Indonesia kasus Covid-19 naik sampai 93%, kemudian pada libur Agustus tahun lalu naik sampai 119%, pada libur Oktober naik 95%, libur tahun baru kemarin naik sampai 78%, dan libur paskah naik hampir 2%.

"Oleh sebab itu Presiden minta kita hati-hati, libur paskah dua minggu yang lalu naik kurang lebih hampir 2%, makanya hati-hati," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan data yang disampaikan Jokowi, di beberapa daerah terjadi lonjakan kasus seperti di Sumatera Selatan, Aceh, Lampung, Jambi, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

"Pada bulan Januari, Indonesia pernah mencapai 14.000 sampai 15.000 kasus aktif harian dan sekarang kita sudah berada di angka 4.000, 5.000, 6.000, ini berhasil kita tekan di bulan Januari. Jadi kita harus terus berupaya menekannya," tutupnya.**




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PT. Indah Kiat, Arara Abadi Sinarmas Forestry Serahkan 400 Ribu Masker Untuk Masyarakat Riau
  • Pantau Aktifitas Warga, Pelda Suardi Terus Ingatkan Taati Protokol Kesehatan
  • Kembali...Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ajak Warga Patroli Pantau Wilayah Rawan Karlahut
  • Aniaya Imam Masjid Baitul Arsy Pekanbaru, Pelaku DA Miliki Riwayat Penyakit Jiwa
  • Patroli Karlahut Bersama MPA, Babinsa Koramil 09/Minas Himbau Masyarakat Jangan Membakar Lahan
  • Koramil 07/BB Bersama Tim Gabungan Sekat Mudik Lebaran Di Perbatasan Kabupaten
  • Gubri Tinjau Pos Penyekatan, Larangan Mudik di Perbatasan Sumbar-Riau.
  • Larang Mudik Hari Pertama, Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Satu Kali Penerbangan
  • Koramil 11/Pwk Kandis Rapat Bersama Tim Bahas Percepat Penanggulangan Covid 19
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved