Senin, 31/08/20
 
Ketua Forum Pemred Riau : Jaga Marwah Profesi Wartawan, Patuhi Kode Etik

Martalena | Riau
Minggu, 18/04/2021 - 13:53:26 WIB
Pekanbaru,Riaueksis.com  - Ketua Forum Pemred Riau, Rahmad Handayani, meminta wartawan agar tetap menjaga profesionalitas dan kode etik, dengan bekerja pada koridor tugas kewartawanan dalam mencari berita.

"Jaga marwah profesi wartawan,  jangan sampai tergadaikan hanya karena kesulitan ekonomi. Meski  saat ini kita semua sedang dihadapkan pada kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, wartawan tetap harus profesional," kata Rahmad dalam siaran persnya Minggu (18/04/2021).

Hal ini dikatakan Rahmad menyikapi adanya laporan masuk ke Forum Pemred di bulan Ramadhan ini, banyak wartawan di lapangan bekerja sudah menyalahi kode etik jurnalistik. Wartawan menekan narasumber dengan mencari-cari kesalahan narasumber, dengan tujuan imbalan sesuatu agar berita tersebut tidak naik.

"Ada juga laporan wartawan sampai mengancam pihak perusahaan atau pun pemerintah, meminta proyek misalnya, ini kan sudah menyalahi kode etik. Apakah ini benar ulah wartawan atau wartawan gadungan, memang harus harus telusuri dulu ," kata Rahmad.

Menurut Rahmad, era tekhnologi dimana mendirikan media siber cukup mudah, akhirnya memunculkan wartawan yang bukan wartawan, atau istilahnya wartawan abal-abal. Akibatnya banyak media yang belum sesuai standar sebuah media seperti yang diatur Dewan Pers. "Mereka ini yang sering berulah, tapi wartawan profesional yang kena getahnya," ujar Rahmad.

Karena itu Rahmad mengajak wartawan yang juga sebagai pemilik media siber, tetap pada jalur profesional, khususnya dalam mengajukan kerjasama dengan pihak ketiga.

"Wartawan yang sudah jadi owner media siber harusnya menjadi ujung tombak menjaga profesionalitas wartawan, dengan melepaskan diri dari kewartawanan dan khusus mengurus perusahaan agar wartawannya sejahtera," kata Rahmad 

Salah satu yang ditawarkan Rahmad agar media siber tumbuh dan hidup adalah dengan membuat program kerjasama dengan pihak ketiga, perusahaan atau pun pemerintah. Seperti mengelola program atau pun advetorial, harus dilakukan oleh perusahaan media tempat wartawan bernaung.

Rahmad selaku Ketua Forum Pemred Riau (FPR) berpesan kepada seluruh wartawan, terkhusus wartawan media siber, agar bersama-sama menjaga martabat sebagai wartawan, dan jangan sampai menggadaikan profesi karena kebutuhan.

"Gunakan skil dan kemampuan untuk membantu perusahaan, dengan menbuat narasumber percaya bahwa media kita profesional dan taat aturan, dengan menyuguhkan berita-berita yang memang aktual . Jika pembaca banyak, rating tinggi, imbasnya tentu ke perusahaan juga dalam memperoleh iklan dan kerjasama," kata Rahmad.**




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PT. Indah Kiat, Arara Abadi Sinarmas Forestry Serahkan 400 Ribu Masker Untuk Masyarakat Riau
  • Pantau Aktifitas Warga, Pelda Suardi Terus Ingatkan Taati Protokol Kesehatan
  • Kembali...Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ajak Warga Patroli Pantau Wilayah Rawan Karlahut
  • Aniaya Imam Masjid Baitul Arsy Pekanbaru, Pelaku DA Miliki Riwayat Penyakit Jiwa
  • Patroli Karlahut Bersama MPA, Babinsa Koramil 09/Minas Himbau Masyarakat Jangan Membakar Lahan
  • Koramil 07/BB Bersama Tim Gabungan Sekat Mudik Lebaran Di Perbatasan Kabupaten
  • Gubri Tinjau Pos Penyekatan, Larangan Mudik di Perbatasan Sumbar-Riau.
  • Larang Mudik Hari Pertama, Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Satu Kali Penerbangan
  • Koramil 11/Pwk Kandis Rapat Bersama Tim Bahas Percepat Penanggulangan Covid 19
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved