Senin, 31/08/20
 
Rohul
Seusai Sholat Idul Adha Bupati Sukiman Serahkan Sapi Kurban Miliknya

Irwanto Bonuo | Riau
Jumat, 31/07/2020 - 18:44:03 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.com) Meski dalam suasana Pandemi Covid-19, Namun tidak menjadi penghalang bagi warga Rohul untuk melaksanakan Shalat Idul Adha dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, menjaga jarak dan memakai masker.

Pantauan dalam Mesjid Agung Paripurna terbaik Nasional itu, beberapa Forkompinda dan Kepala OPD ikut melaksanakan Shalat Idul Adha, seperti  Kakan Kemenag Rohul Drs H. Syahruddin, M.Sy, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Asisten II Ir H.M Ruslan M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kabag Umum Setda Rohul Abdullah SE dan ribuan jama’ah MAIC Rohul. (31-7-20)

Seusai melakukan sholat Idul Adha berjama’ah bersama masyarakat, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman langsung menyerahkan Sapi kurban miliknya dengan Jenis Sapi Benggala dengan berat 250 Kg secara simbolis kepada Ketua Badan Pengelola MAIC Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si.

Bupati Rohul H. Sukiman menyampaikan, esensi dari pelaksanaan kurban menjadi refleksi dan juga teladan bagi seluruh masyarakat serta mampu mengambil makna dan hikmah dari peristiwa tersebut.

“Alhamdulillah kita bersyukur semuanya masih diberikan kesehatan sehingga pada pagi hari ini kita bisa melaksanakan Shalat Idul Adha dan menyaksikan penyembelihan kurban di masjid Agung Islamic Center kita ini. Di Hari Raya Idul Adha 1441 H, saya mengajak kepada semuanya mari kita ambil hikmah dan meneladani para Nabi kita untuk semangat berkurban,” kata Sukiman

Orang nomor satu di Rohul ini bersyukur, meski ditengah Pandemi Covid-19 namun tidak mempengaruhi perekonomian warga untuk berkurban, terbukti pada tahun ini jumlah masyarakat Rohul berkurban meningkat, pada tahun 2020 sebanyak 2.758 ekor dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 2.498 ekor.

Dari total 2.758 ekor, dijelaskan Sukiman,  hewan kurban yang tersebar di 16 kecamatan terdiri dari Sapi kurban 2.326 ekor, Kerbau 96 ekor dan Kambing 335 ekor. Jumlah itu sudah termasuk 77 ekor sapi yang akan dikurbankan di Masjid Agung Islamic Center Rohul. 

“Kalau tahun lalu jumlah hewan Kurban 2.498 ekor, Alhamdulillah meskipun dalam suasana Pandemi Covid-19 di tempat kita (Rohul) justru meningkat jadi 2.758 ekor, walaupun dalam suasana Covid-19 ekonomi masyarakat kita tidak berpengaruh untuk semangat berkurban,” kata Sukiman

Lanjut Sukiman, dari jumlah 2.758 ekor ini tersebar di masjid-masjid di 16 Kecamatan se Rokan Hulu, khusus di Mesjid Agung Islamic Center Rohul ini ada 77 ekor, Namun 56 ekor dibagikan ke Mesjid-Mesjid yang tidak ada penyembelihan hewan kurban.

“Kita bisa mengambil Hikmah dari Hari Raya Idul Adha ini rela berkorban untuk kepentingan orang banyak, karena makna hakiki yang terkandung di dalam Idul Adha ini mari kita tanamkan semangat berkurban hendaknya dapat mendorong demi kebaikan dan berbagi sesama,” ujarnya

“Kita tidak melihat berapa banyak yang diberikan tetapi pengorbanan untuk berkurban itulah yang akan menjadi spirit bagi kita untuk membantu sesama. Sekali lagi dalam suasana Pandami ini melaksanakan Idul Adha tapi kita harus tetap mematuhi Protokol kesehatan” harap Sukiman

Bupati H. Sukiman juga mengatakan, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu beserta segenap jajaran mengucapkan Selamat hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah. “Semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita dalam membangun Kabupaten Rokan Hulu Negeri Seribu Suluk tercinta ini yang maju dan Jaya,” ucapnya.


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • PT. Indah Kiat, Arara Abadi Sinarmas Forestry Serahkan 400 Ribu Masker Untuk Masyarakat Riau
  • Pantau Aktifitas Warga, Pelda Suardi Terus Ingatkan Taati Protokol Kesehatan
  • Kembali...Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ajak Warga Patroli Pantau Wilayah Rawan Karlahut
  • Aniaya Imam Masjid Baitul Arsy Pekanbaru, Pelaku DA Miliki Riwayat Penyakit Jiwa
  • Patroli Karlahut Bersama MPA, Babinsa Koramil 09/Minas Himbau Masyarakat Jangan Membakar Lahan
  • Koramil 07/BB Bersama Tim Gabungan Sekat Mudik Lebaran Di Perbatasan Kabupaten
  • Gubri Tinjau Pos Penyekatan, Larangan Mudik di Perbatasan Sumbar-Riau.
  • Larang Mudik Hari Pertama, Bandara SSK II Pekanbaru Hanya Layani Satu Kali Penerbangan
  • Koramil 11/Pwk Kandis Rapat Bersama Tim Bahas Percepat Penanggulangan Covid 19
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved