Senin, 31/08/20
 
Ketua Komisi 1V. Parisman Iwan Fatah : Jalan Tol Pekanbaru-Dumai diresmikan awal Juli 2020.

Martalena | Riau
Rabu, 17/06/2020 - 18:20:31 WIB
Parisman Ihwan: ketua komisi IV DPRD Riau
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru,Riau eksis.com - ketua komisi IV Parisman Ihwan  mengatakan Masyarakat Riau dalam waktu dekat ini dipastikan akan segera menikmati pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai yang disingkat menjadi Tol Permai.

Hal tersebut  disampaikannya usai  kunjungan kerja Komisi IV DPRD Riau ke Jalan Tol Permai, kemarin, Selasa, 16 Juni 2020 yang diikuti olehai sejumlah anggota DPRD, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Pembangunan Jalan Tol Sesi III, IV, V, dan VI.

Dijelaskan Parisman Ihwan  kunjungan mereka menindaklanjuti pelaksanaan Jalan Tol yang semula dijadwalkan fungsional akhir tahun 2019, kemudian diundur akhir Maret dan informasi terakhir diundur menjadi akhir Juni 2020.

Berdasarkan penjelasan dari Kepala Jalan Tol Sesi III dan IV, Beni dan juga dari Kepala Jalan Tol V dan VI, Willy diketahui bahwa Jalan Tol Permai akan fungsional pada akhir Juni.

DPRD Riau optimis pembangunan ini akan segera rampung karena berdasarkan pantauan DPRD semua jalan tol sudah tersambung semua, sehingga tidak ada kendala yang berarti.

"Alhamdulillah, kami sudah mencoba langsung tol ini dan dari Muara Fajar Pekanbaru ke Dumai hanya memakan waktu sekitar 1 jam 40 menit, memang masih ada yang terputus, tapi tak banyak," kata pria yang kerap disapa Iwan Fatah ini didampingi Wakil Ketua Komisi IV Dani M Nursalam dan Anggota Komisi IV Yuyun Hidayat, Rabu, 17 Juni 2020.

Karena, pembayaran tol ini baru akan diberlakukan ketika sudah diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Disinggung kapan akan dibuka untuk umum, Politisi Golkar ini memperkirakan masyarakat bisa menikmati Tol ini pada awal Juli 2020 dan saat pembukaan jalan ini tidak akan dipungut biaya apapun menjelang peresmian , yg rencana akan diresmikan oleh presiden RI bpk Ir Jokowi 
Setelah diresmikan baru ada berbayar utk tol tsb. Dari hasil penjelasan pelaksana pembangunan jl tol permai biaya / km akan lbh rendah dr biaya tol / km di pulau jawa lbh kurang Rp 1000 / km
Nantinya, masyarakat bisa melintas meskipun masih ada pembangunan. Pembangunan ini adalah pembangunan yang tidak menghambat akses lalu lintas kendaraan.

Iwan menilai, pembangunan ini sudah mencapai persentase sekitar 98 persen, baik secara pembangunan fisik maupun pembebasan lahan. Untuk pembebasan lahan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) tinggal menyelesaikan pembebasan lahan krn uang ganti rugi   uangnya sudah ada untuk mengganti lahan masyarakat yang terkena pembangunan jalan tol tersebut

Lebih jauh, menurut Iwan, jalan tol ini cukup bagus dan telah sesuai dengan standar Tol, karena ia sendiri sudah mencoba jalur ini dengan kecepatan tinggi.

Dilanjutkannya, Jalan tol Permai ini akan memberi dampak ekonomi kepada masyarakat Riau karena akan banyak masyarakat yang mengunjungi pariwisata Riau, terutama kawasan kepulauan Rupat.

Disamping itu, operasional Jalan Tol ini nantinya akan memberdayakan masyarakat lokal sehingga terbuka lapangan pekerjaan baru.

"Ini bisa memberikan dampak ekonomi nantinya. Untuk pedagang, pihak Tol sudah memastikan 40 persen total space di rest area akan diisi oleh pedagang lokal," tutupnya.**





Berita Lainnya :
 
  • Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri
  • Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024: Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan
  • Hari Kartini, PHR Junjung Tinggi Kesetaraan dalam Berkontribusi Bagi Negeri
  • Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop ''Publisher Rights'' Bersama Ketua Dewan Pers
  • Camat Mandau Dorong Pembentukan DPW IKA Plus Bengkalis, Freddy Antoni Terpilih Sebagai Ketua
  • Rumah Sakit Alihkan Pasien Belum Aktif UHC ke Umum, Diskes Pekanbaru Ancam Putus Kerjasama
  • Pemkab Bengkalis Terus Pacu Percepatan Pembangunan Jembatan Bengkalis-Bukit Batu
  • Bupati Kasmarni Harap Kepala Sekolah Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan
  • Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Polda Riau, Kapolda: Kalau Tidak Betul Segera Ganti
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved