Senin, 25/11/2019
 
Waspada Lonjakan Pasien COVID-19, Pemprov Riau Siapkan Asrama Haji

Martalena | Riau
Kamis, 26/03/2020 - 00:57:06 WIB
PEKANBARU, Riaueksis.com-waspada lonjakan pasien covid 19 Pemprov Riau menyiapkan tiga tempat tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pasien virus corona jenis baru COVID-19. Selain asrama haji, juga disiagakan RSUD Petalabumi dan Gedung BPSDM Riau untuk ruang perawatan pasien corona nantinya.  

Gubernur Riau Syamsuar dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Minggu (22/3/2020), mengatakan ketiga fasilitas yang disiapkan itu semua  berlokasi di Kota Pekanbaru.

“Rencana penambahan fasilitas kesehatan ini juga berdasarkan instruksi dari Menteri Dalam Negeri untuk memberdayakan semua balai diklat sebagai tempat perawatan pasien yang terkena wabah virus corona,” katanya.

Gubernur bersama dinas kesehatan, juru bicara COVID-19 Riau, Direktur RSUD Arifin Achmad, sudah melakukan inspeksi ketiga fasilitas tersebut pada akhir pekan ini. Syamsuar menerangkan, tujuan peninjauan tersebut untuk mengetahui berapa kapasitas yang bisa menampung pasien jika seandainya terjadi peningkatan jumlah pasien.

Ia mengatakan ingin memastikan kesiapan tempat yang ada, sehingga jika terjadi penambahan jumlah pasien, sudah ada tempat yang layak untuk digunakan.

"Kita juga sudah minta partisipasi rumah sakit swasta di samping rumah sakit kabupaten/kota," katanya.

Sebagai alternatif lainnya, ia mengatakan Pemprov Riau juga akan memanfaatkan aula yang ada jika memang masih terjadi kekurangan gedung perawatan.

"Aula yang ada akan kita manfaatkan, kita tambah fasilitasnya. Kita juga sudah menghubungi balai pertanian dan ruangan lainnya supaya bisa kita pakai kalau sewaktu diperlukan," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, hingga 22 Maret siang ini tercatat ada 137 orang dalam pemantauan (OPD). Kemudian ada 41 pasien dalam pengawasan (PDP) yang diduga terinfeksi virus corona.

Sedangkan kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 ada satu pasien. Pasien berusia 63 tahun tersebut masih dirawat di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

Di Riau kini terdapat 44 rumah sakit daerah, milik swasta dan TNI/Polri yang digunakan sebagai rujukan pasien virus corona jenis baru. Dari jumlah tersebut, kapasitas ruang isolasi untuk pasien penyakit mematikan itu mencapai 111 orang. (**/ant)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Bersama Tim Lakukan Penyemprotan di Rumah Ibadah, Kantor Desa dan Tempat Keramaian
  • Babinsa Bersama Tim Lakukan Pengecekan dan Pencegahan VIRUS COVID 19 Ke Penumpang Kapal
  • Kemenkum HAM Sudah Bebaskan 13.430 Napi Untuk cegah corona
  • Kapolres Rohul Bersama Forkopimda Rohul Cek Gudang Beras,Pastikan Stock Aman 6 Bulan Kedepan
  • Sahabat Pondok Ijo dan PWI Peduli Serahkan 100 Paket Makan Siang dan 10 Karung Beras
  • PBNU Sarankan Shalat Tarawih-Shalat Id di Rumah
  • Jokowi Usulkan Jadwal Mudik Setelah Lebaran
  • Kepala Desa Cipang Kanan Abadi Adakan Penyemprotan Desinfektan Diwilayah Desanya
  • Jaga Stock Darah Tetap Ada, Koramil Wilayah Kab. Siak Laksanakan Donor Darah
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved